TP PKK Kabupaten Jember Gelar Rakor Sehat Lestari-Berencana

TP PKK Kabupaten Jember Gelar Rakor Sehat Lestari-Berencana TP PKK Kabupaten Jember saat rapat koordinasi Sehat Lestari-Berencana.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Jember menyelenggarakan Pencanangan Kesatuan Gerak PKK Bangga Kencana Kesehatan Kabupaten Jember Tahun 2021 di Aula Dinas Pendidikan (Dispendik) Jember Senin, (18/10).

Dalam sambutanya, Ketua TP PKK Kabupaten Jember, Kasih Fajarini, mengatakan kegiatan ini dilakukan guna menggali potensi desa untuk terus dikembangkan, serta sebagai upaya untuk merencanakan kehidupan berencana, mencegah pernikahan dini, menghindari pergaulan bebas, serta menghidupkan lingkungan yang bersih dan sehat.

"Melalui kegiatan ini, ke depan diharapkan dapat meningkatkan komitmen bersama dari dinas terkait yang hadir hari ini bersama TP PKK dalam upaya menurunkan AKI (angka kematian ibu), AKB (angka kematian bayi), dan serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," tuturnya.

Kasih memaparkan, saat ini Kabupaten Jember menduduki peringkat tertinggi jumlah kasus kematian ibu sebanyak 61 kasus dan bayi sebanyak 385 kasus di tahun 2020, serta sebanyak 37,94 persen.

Melalui kegiatan tersebut, ia mengajak pihak terkait untuk membenahi keseluruhan program yang saat ini belum optimal. Menurut istri Bupati Hendy itu, program ini tidak hanya sekadar diisi dengan lomba-lomba ibu PKK, namun juga akan diisi dengan pembinaan. "Sebagaimana program PKK ke depan bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Secara simbolis, Kasih membunyikan Gong sebagai tanda dibukanya rakor sembari berucap "Wis Wayahe (sudah waktunya) Jember bersih dan sehat,".

Agenda tersebut merupakan bentuk perwujudan sinergitas dalam pelaksanaan program untuk mewujudkan Kabupaten Jember yang lebih baik. Dalam kegitan itu tampak hadir Sekretaris Daerah Jember, Mirfano, Wakil Ketua PKK, Ervita Afdilah Sari, Kepala OPD terkait, serta TP PKK kecamatan dan desa secara virtual.

Dalam kegiatan itu juga diungkapkan 10 program pokok PKK yang menjadi acuan pelaksanaan kerja TP PKK, bertema 'Melalui Perencanaan Keluarga dan Lingkungan Bersih Mewujudkan Keluarga Sehat Berkualitas' (Sehat Lestari-Berencana). (yud/eko/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO