Pemkab Pasuruan Kembali Gulirkan Proyek Pembangunan Bronjong di 23 Titik

Pemkab Pasuruan Kembali Gulirkan Proyek Pembangunan Bronjong di 23 Titik Proyek pembangunan bronjong di Sumberglagang, Rembang.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com -  kembali menggulirkan proyek pembangunan bronjong yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Pasuruan. Total ada sekitar 23 titik lokasi yang akan dipasang bronjong dari anggaran APBD 2021.

Tujuan pembangunan bronjong tidak lain adalah untuk mendukung penguatan beberapa tanggul irigasi yang rusak akibat diterjang banjir agar tidak longsor.

"Total ada 23 paket bronjong yang tersebar di beberapa kecamatan. Untuk anggaran bervariatif mulai dari Rp 100 juta sampai Rp 161 juta, tergantung tingkat kerusakannya," jelas Imam Wahyudi, Kabid Operasional Dinas Sumber Daya Air dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan.

Ia menambahkan, sesuai dengan dokumen kontrak yang sudah ditandatangani, para rekanan yang mengerjakan fisik brojong hanya diberi waktu 1 bulan, yakni sampai tanggal 4 November saja.

Untuk itu, dirinya meminta kepada mereka segera action melakukan pengerjaan agar tidak mengalami keterlambatan. "Kalau ada yang terlambat mengerjakan pasti akan kena sanksi, karena waktunya singkat 1 bulan," ujarnya.

Dari 23 titik proyek tersebut, sekitar 3 lokasi yang progres pengerjaannya lumayan bagus dan hampir selesai, seperti di Pateguran Kecamatan Rejoso, Kecamatan Rembang, dan Kecamatan Nguling.

Terpisah,  Ahmad Santoso - Konsultan Pengawas CV Dimensi yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menjelaskan, progres pengerjaan 23 titik paket bronjong secara keseluruhan mencapai 20 persen lantaran pekerjaan baru dimulai sekitar 1 minggu yang lalu. Tapi, ada juga yang hampir selesai seperti di Pateguran Rejoso, Nguling.

“Semua pekerjaan sudah berjalan, seperti pemasangan baru, ada yang persiapan pembersihan lokasi atau mendatangkan material di lapangan,“ jelasnya. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO