Berikan Layanan Maksimal, Kemenag Tuban Buka Manasik Sepanjang Tahun

Berikan Layanan Maksimal, Kemenag Tuban Buka Manasik Sepanjang Tahun Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid, saat Sosialisasi Kebijakan Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler di Gedung PLHUT Kemenag Tuban, Kamis (30/9/2021).

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kantor Kementerian Agama () Kabupaten Tuban membuka sepanjang tahun. Dengan begitu, diperkirakan akan ada sekitar 15 ribu Calon Jamaah Haji (CJH) di Kabupaten Tuban yang terakomodir.

"Manasik haji sepanjang tahun dilakukan di awal tahun sampai jamaah hendak berangkat ke tanah suci, diambil dari pendaftar tahun 2011 hingga tahu 2015," jelas Kepala Kantor Tuban, Sahid saat Sosialisasi Kebijakan Pendaftaran dan Pembatalan Haji Reguler di Gedung PLHUT Tuban, Kamis (30/9/2021).

Dengan layanan ini, tidak hanya jamaah haji yang akan berangkat di tahun 2021 saja yang bisa melakukan manasik, melainkan para jamaah haji yang sudah memiliki nomor porsi bisa setiap saat mengikuti kegiatan manasik.

Pria asli Gresik ini mengungkapkan, bahwa Kementerian Agama mencanangkan peningkatan kualitas ibadah haji sejak tahun kemarin. Salah satunya melalui layanan sepanjang tahun. Peran pembimbing ibadah haji juga ditingkatkan melalui sertifikasi.

"Pelaksanaan dilakukan secara sinergi antara PHU, KUA, KBIHU, IPHI, Penyuluh dan Fasilitator Pembimbing Ibadah Haji di Kabupaten Tuban. Manasik haji sepanjang tahun dilaksanakan di tiap kecamatan dan dikoordinatori Kepala KUA setempat," paparnya.

Sementara itu, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Tuban, Umi Kulsum, mengatakan pemberlakuan manasik sepanjang tahun disesuaikan dengan PMA No. 13 tahun 2021 tentang penyelenggaraan ibadah haji reguler. 

"Dengan semakin banyak kesempatan manasik, jamaah haji semakin solid, kompak, dan bersatu karena sering bertemu, berdialog, dan berdikusi sehingga menimbulkan keakraban," ujarnya.

Menurutnya, pemerintah berkewajiban memberikan pelayanan, pembinaan, dan perlindungan kepada calon jemaah haji.

Sekadar informasi, jumlah pendaftar calon jamaah haji tahun 2021 di Kabupaten Tuban sebanyak 1.646 orang. Sedangkan, pelimpahan porsi tahun 2020 dan 2021 sebanyak 108 jemaah, permohonan pelimpahan porsi tahun 2021 sebanyak 79 jemaah, yang sudah diproses 68 orang dan yang belum diproses 11 orang. Sementara pelimpahan porsi estimasi berangkat 30 jemaah. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO