Tolak Eksepsi Terdakwa Bupati Nganjuk Nonaktif, JPU: Sudah Masuk Materi Pokok Perkara

Tolak Eksepsi Terdakwa Bupati Nganjuk Nonaktif, JPU: Sudah Masuk Materi Pokok Perkara Proses sidang lanjutan Novi Cs secara virtual di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya dan Rutan Kelas IIB Nganjuk. (foto: ist)

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Sidang lanjutan perkara tipikor terkait kasus suap mutasi jabatan lingkup Pemkab Nganjuk dengan terdakwa Bupati Nganjuk Nonaktif kembali digelar, Selasa (14/9).

Sidang di Pengadilan Negeri Tipikor Surabaya itu digelar secara virtual, dengan agenda putusan sela dan melanjutkan sidang pembuktian. Pada putusan sela tersebut, tim JPU secara tegas menolak eksepsi terdakwa Novi Cs.

"Seperti yang saya sampaikan kemarin di persidangan, menolak tegas eksepsi terdakwa enam terdakwa," kata Kasi Pidsus Kejari Nganjuk Andie Wicaksono kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (14/9/2021).

Selain , lima terdakwa yang mengajukan eksepsi yakni Dupriono (Camat Pace), Tri Basuki Widodo (mantan Camat Sukomoro), Edie Srianto (Camat Tanjunganom), Harianto (Camat Berbek), dan Bambang Subagio (Camat Loceret).

Adapun alasan tim JPU menolak eksepsi dari keenam terdakwa, karena materi eksepsi yang disampaikan oleh para terdakwa telah membahas atau memasuki materi pokok perkara dan akan dibuktikan pada persidangan perkara pokok.

"Itu dasar penolakan eksepsi JPU, karena eksepsinya sudah masuk materi pokok perkara, makanya kita ajukan penolakan," tandasnya.

Tim JPU menganggap bahwa surat dakwaan telah disusun secara cermat, jelas, dan lengkap mengenai tindak pidana yang didakwakan dan telah memenuhi syarat formil dan materiel sesuai ketentuan Pasal 143 Ayat (2) Huruf a dan b KUHAP.

Oleh karena itu, JPU meminta kepada majelis hakim yang terdiri atas Ketua Majelis Hakim I Ketut Suarta serta Anggota Majelis Hakim Emma Ellyani dan Abdul Gani untuk melanjutkan persidangan dengan agenda pemeriksaan terhadap perkara dimaksud. (bam/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Plt Bupati Marhaen Pimpin Pawai Alegoris dalam Peringatan Hari Jadi Kabupaten Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO