Raih Prestasi Terbaik Lomba Wana Lestari Nasional, Sahat Simanjuntak Apresiasi Dishut Jatim

Raih Prestasi Terbaik Lomba Wana Lestari Nasional, Sahat Simanjuntak Apresiasi Dishut Jatim Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak bersama dengan Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur Dr. Jumadi. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak mengucapkan selamat dan apresiasi kepada Dinas Kehutanan (Dishut) Pemprov Jawa Timur yang menorehkan prestasi membanggakan pada lomba wana lestari tingkat nasional tahun 2021.

Usai melakukan kunjungan koordinasi dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jatim Jumadi di Kantor Dinas Kehutanan Jl. Raya Juanda Sidoarjo, Politikus Golkar Jatim ini mengungkapkan apresiasi atas prestasinya tersebut.

Selain apresiasi, pria yang juga Sekretaris DPD Golkar Jatim ini juga mengingatkan adanya konsekuensi atas capaian membanggakan ini. Ia mengungkapkan berdasarkan UU No. 23 Tahun 2014 Jo Nomor 9 Tahun 2015 kewenangan urusan kehutanan saat ini dilimpahkan kepada pemerintah provinsi.

Ada konsekuensi di mana penyelenggaraan kehutanan dilaksanakan melalui rekonfigurasi pengelolaan lanskap hutan yang berkelanjutan pada 3 pilar yaitu ekonomi, ekologi, dan sosial, sehingga butuh dukungan optimal untuk pembangunan gedung kantor yang baik dan layak untuk 10 cabang dinas dan 3 UPT.

"Maka dengan torehan ini sudah selayaknya mendapat dukungan dari dewan agar bisa melaksanakan tugasnya lebih baik, dan harapan Ibu Gubernur agar Jatim bisa menjadi barometer nasional bidang kehutanan bisa terwujud," kata Sahat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/8/2021).

Sahat menjelaskan, semua bisa terwujud jika sarana dan prasarana untuk melayani masyarakat hutan bisa tersediakan, misal mobilitas layanan kepada masyarakat seperti kendaraan untuk distribusi bibit.

Lalu sarana prasarana untuk pengelolaan hutan konservasi Tahura Raden Soerjo, seperti kendaraan patroli, APD pengendalian kebakaran hutan dan kendaraan, serta perlengkapan evakuasi korban pendakian.

"Di sinilah sebagai Anggota Dewan Jatim, kami melihat kesiapan baik dari sisi infrastruktur dan dukungan. Agar Dinas Kehutanan Provinsi Jatim dari sisi sarana, prasarana, tempat, gedung, dan lain sebagainya perlu mendapatkan supporting," tuturnya.

Seperti diketahui, Dinas Kehutanan Pemprov Jatim sukses menjadi juara umum lomba wana lestari tahun 2021 berupa terbaik 1 kategori penyuluhan kehutanan PNS (menyisihkan 2.842 penyuluh kehutanan ASN se-Indonesia), terbaik 1 kategori kelompok tanam hutan (menyisihkan 30.523 KTH se-Indonesia), dan terbaik 3 kategori penyuluhan kehutanan swadaya masyarakat dari 5.394 PKSM nasional. (mdr/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO