Wali Kota Eri Bersama Istri Tinjau Vaksinasi bagi Bumil di Gedung ACC

Wali Kota Eri Bersama Istri Tinjau Vaksinasi bagi Bumil di Gedung ACC Wali Kota Eri Cahyadi meninjau vaksinasi massal bagi bumil di Gedung ACC, Kamis (19/8/2021). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Vaksinasi massal bagi (bumil) yang berlangsung hari ini, Kamis (19/8/2021), di Gedung Airlangga Convention Center (ACC) Kampus C Surabaya mendapat tamu istimewa yakni Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama istri yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Surabaya, Rini Indriyani. Mereka tampak menyapa beberapa yang berada di lokasi.

"Akhirnya hari ini para bumil ikut vaksinasi di sini. Tempatnya luas dan nyaman sehingga tidak perlu antre seperti di puskesmas, lha wong ini memang khusus bumil kok. Tempat ini nantinya akan dipakai sebagai sentra vaksin tapi utamanya bumil dulu baru kemudian untuk umum," jelas Eri dalam sambutannya di sela mengunjungi vaksinasi massal.

Sementara itu, Ketua POGI Surabaya Dr. dr. Brahmana Askandar, Sp.OG (K)., mengatakan bahwa sasaran yang akan divaksin hari ini di sebanyak 1.000 dosis. Ia juga memastikan bahwa usia kehamilan yang aman divaksin setelah melewati 3 bulan pertama karena itu adalah masa pembentukan.

"Setelah masa pembentukan selesai, maka aman untuk usia 33 minggu. Karena diharapkan pada saat bersalin usia 37 minggu, dia sudah terproteksi," jelasnya.

Ia pun menegaskan vaksin jenis Sinovac ini aman bagi . Karena berdasarkan edaran kementerian, ada 3 vaksin yang aman untuk yakni Sinovac, Moderna, dan Pfizer. Saat ini tidak ada yang berat (efek samping bumil), namun kalau ada efek KIPI mereka bisa menghubungi puskesmas terdekat. Umumnya hanya nyeri di tangan beberapa saat saja.

Rektor Prof. Dr. Mohammad Nasih menjelaskan bahwa fasilitas gedung yang digunakan vaksin memang cukup luas sehingga tidak menimbulkan kerumunan dan prosesnya berjalan lancar.

"Seperti yang dikatakan Pak Wali Kota jika tempat ini nantinya akan digunakan untuk sentra vaksinasi, khususnya untuk , maka kami siap dan nanti kami jadwalkan," tuturnya. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO