Gotong Royong Lindungi Warga, Sejumlah RW di Surabaya Siapkan Ruang Isoman

Gotong Royong Lindungi Warga, Sejumlah RW di Surabaya Siapkan Ruang Isoman Tempat Isoman RW 5 Wisma Kedung Asem Indah Kelurahan Kedung Baruk, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebelum Wali Kota mengeluarkan kebijakan tentang penyiapan ruang isolasi atau rumah sehat di tingkat kelurahan, ternyata sejumlah RW di Kota sudah menyiapkan ruang isolasi mandiri bagi warganya.

Tempat isolasi mandiri ini digagas dengan dasar gotong royong demi melindungi dan menyelamatkan warga. Alhasil, warga yang terpapar Covid-19 tidak merasa dikucilkan, malah merasa dilindungi oleh warganya sendiri.

Beberapa RW yang sudah sejak lama mempersiapkan ruang isolasi mandiri itu terdapat di RW 8 Perum Babatan Pratama Kelurahan Babatan, Kecamatan Wiyung, . Di RW ini, ada sebuah bangunan yang dijadikan Posko Kampung Tanggung Wani Jogo Suroboyo. Posko inilah yang kemudian dijadikan warga sekitar yang terpapar Covid-19.

"Tempat isolasi ini sudah sejak tahun lalu, dan sudah ada tiga pasien yang dirawat di tempat ini, termasuk salah satu warga yang sampai saat ini masih menjalani isolasi di tempat ini. Itu ada salah satu warga kami yang menjalani isolasi di dalam, sudah sekitar 10 harian," kata Ketua RW 8 Riyan Suhariyadi ketika meninjau itu, Selasa (27/7/2021).

Ia mengaku sengaja menjadikan posko itu menjadi karena akhir-akhir ini rumah sakit banyak yang penuh dan rumah warga itu tidak memungkinkan untuk dijadikan . Adanya tempat itu, Riyan berharap warga yang terpapar Covid-19 tidak merasa terkucilkan.

"Kami tidak ingin warga yang terpapar itu merasa dikucilkan dan merasa dibuang hanya karena terpapar Covid-19. Bagi kami, siapa pun bisa terkena virus ini, artinya ini bukan aib, sehingga kami bersama-sama merawat warga itu. Bahkan, kami semua memberikan motivasi dan semangat kepada warga yang terpapar itu, dengan cara itu kami berharap imunnya membaik dan segera pulih," tegasnya.

Riyan juga menjelaskan bahwa warga yang menjalani isolasi di posko tersebut dikontrol secara berkala oleh dokter yang kebetulan berasal dari warga sendiri, dan bersedia menjadi relawan. Bahkan, untuk makan, warga yang menjalani isolasi itu dibantu oleh warga dengan cara urunan atau donasi. Donasi itu ditampung secara khusus melalui nomor rekening atas nama RW 08 Pratama Peduli. Laporan keuangan itu pun dilakukan secara transparan dan diumumkan ke warga.

"Nah, dari donasi yang masuk itu kami belikan makanan tiga kali sehari untuk membantu warga yang sedang menjalani isolasi mandiri di posko tersebut. Bahkan, donasi yang terkumpul ini juga kami bagikan dalam bentuk sembako kepada warga sekitar yang membutuhkan, seperti warga yang kena PHK dan sebagainya, setidaknya ada 54 KK yang sudah kami bantu," ujarnya.

Oleh karena itu, ia mengaku sangat mendukung apabila ada terobosan dari Wali Kota Eri yang akan membuat ruang isolasi mandiri atau rumah sehat di tingkat kelurahan. Sebab, rumah sehat itu pasti akan sangat membantu perawatan warga yang membutuhkan .

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO