Respons Panggilan Wali Kota Eri, Sejumlah Stakeholder Bantu Penanganan Covid-19 di Surabaya

Respons Panggilan Wali Kota Eri, Sejumlah Stakeholder Bantu Penanganan Covid-19 di Surabaya Berbagai stakeholder dan elemen masyarakat menjawab dan merespons panggilan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang didengungkan melalui gerakan “Surabaya Memanggil". (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berbagai stakeholder dan elemen masyarakat menjawab dan merespons panggilan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang didengungkan melalui gerakan “Surabaya Memanggil”. Sebagian warga meresponsnya dengan berbondong-bondong menjadi relawan Surabaya Memanggil, namun warga yang lain seperti para pengusaha, meresponsnya dengan cara memberikan bantuan penanganan Covid-19 di Surabaya.

Partisipasi masyarakat itu terlihat di Balai Kota Surabaya, Rabu (21/7/2021). Mereka berbondong-bondong memberikan bantuan kepada dalam menangani pandemi Covid-19. Setidaknya ada tujuh bantuan untuk penanganan Covid-19 yang diterima langsung oleh Wali Kota Eri di halaman Balai Kota Surabaya, di antaranya berasal dari Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya yang memberikan 1.000 baju hazmat, 1.000 kantong jenazah, 1.000 sarung tangan, 7.500 masker medis, dan 250 buah face shield, serta 100 liter hand sanitizer.

Berikutnya, Yayasan Paliatif Surabaya menyerahkan 720 kotak masker medis, 400 buah sarung bantal, 400 buah seprai, 200 buah bantal, 140 kotak nurse cap, dan 40 dus air mineral ukuran 600ml. Kemudian, PT Kalbe Farma turut memberikan bantuan berupa 1.000 kotak vitamin, 50 liter hand sanitizer, dan 200 botol hand sanitizer semprot.

Sedangkan PT Pompa Dex Indoguna memberikan 37.200 masker. Lalu, McDonald’s juga menyumbangkan 44.000 masker. Kemensos menyumbang 30 bed, dan PT Jawa Pos bersama Yayasan Pelangi Hidup Bersama (YPHB) juga memberikan bantuannya ke .

Eri mengatakan, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk meringankan beban pemkot dan masyarakat Surabaya dalam menghadapi pandemi ini. Kehadiran dan dukungan dari berbagai stakeholder kepada pemkot sangat berharga untuk membantu menangani pandemi Covid-19 di Surabaya.

"Bantuan dari teman-teman semuanya sangat berarti, dan ini akan sangat membantu penanganan pandemi Covid-19 di Surabaya. Ini akan kita salurkan ke tenaga medis, relawan, dan warga Surabaya yang terdampak," katanya, Rabu (21/7/2021).

Eri menegaskan, bantuan yang diberikan oleh warga Surabaya tidak selalu secara langsung diserahkan ke pemkot. Ia mencontohkan, banyak warga yang memberikan bantuan berupa makanan gratis. Bantuan tersebut diberikan langsung ke tempat-tempat atau RW yang warganya sedang isolasi mandiri.

“Terima kasih kepada seluruh warga Surabaya. Saya yakin, dengan doa dan gotong royong ini dapat segera menghentikan penyebaran Covid-19," ujarnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO