Surabaya Siapkan Tempat Isolasi di Setiap Kelurahan Untuk Permudah Pemantauan

Surabaya Siapkan Tempat Isolasi di Setiap Kelurahan Untuk Permudah Pemantauan Lapangan indoor kompleks Gelora Bung Tomo juga bakal difungsikan sebagai tempat isolasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kelurahan-kelurahan di Surabaya diminta menyiapkan tempat untuk isolasi khusus bagi warganya yang terpapar Covid-19. Hal ini merupakan instruksi Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Ia meminta para lurah memanfaatkan lapangan, gedung pertemuan, atau tempat strategis lainnya, disesuaikan dengan kebutuhan.

Lebih lanjut, Eri Cahyadi mengatakan, tempat isolasi tersebut difungsikan untuk pasien klaster keluarga. "Sehingga apabila dalam keluarga itu ada satu orang yang positif, maka kemudian dapat ditarik agar melakukan isolasi ke tempat yang telah disediakan, dipantau oleh pemerintah kota atau puskesmas," katanya, Rabu (14/7/2021).

Menurut Eri, dengan adanya tempat isolasi terpusat di kelurahan, bisa memudahkan pihak puskesmas dalam melakukan pengawasan. Apalagi, jika ada pasien yang kondisi rumahnya tidak layak untuk digunakan isolasi mandiri, kemungkinan besar malah justru dapat menimbulkan penularan dalam keluarga tersebut.

"Kalau (isolasi) di rumah-rumah sendiri, itu susah kita pantaunya. Kedua yang muncul itu sekarang klaster keluarga. Satu (orang) reaktif atau positif, setelah itu tidak mau ditarik isolasi mandiri, yang lainnya tertular anak istrinya," jelasnya.

Ia juga berharap kepada pengurus RT/RW dapat membantu memberikan pemahaman dan pendekatan kepada masing-masing warganya. Sebab, terkadang dari pihak keluarga sendiri juga ada yang tidak mau diarahkan agar isolasi di tempat khusus yang disediakan.

Simak berita selengkapnya ...