Stok Vaksin Menipis, Pemkab Jember Jemput Bola ke Pemprov Jatim

Stok Vaksin Menipis, Pemkab Jember Jemput Bola ke Pemprov Jatim Bupati Jember Hendy Siswanto.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Per 1 Juli 2021, warga di Kabupaten Jember yang sudah divaksin mencapai 160.201 orang (69,63 persen) untuk tahap I, sedangkan vaksinasi tahap II mencapai 65.029 orang (28,26 persen).

Vaksinasi itu masih menyasar kelompok petugas atau pekerja di sektor jasa publik, lansia, dan pralansia. Sementara untuk kelompok tenaga kesehatan vaksinasi tahap I dan II telah mencapai 100 persen.

Menurut data yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dari jumlah penduduk Kabupaten Jember sebanyak 2.536.729 orang, target vaksinasi tercatat sudah sebanyak 1.775.710 orang, dan setiap harinya dilakukan vaksinasi kepada 44.393 orang.

Capaian tersebut, menurut Bupati Jember Hendy Siswanto sudah melebihi target, karena per hari vaksinasi yang dilakukan di Jember sudah mencapai 80 ribu orang. Meskipun target vaksinasi itu melebihi catatan gubernur, tetapi kondisi saat ini menunjukkan bahwa ketersediaan vaksin Covid-19 di Jember menipis.

"Informasi terkini, vaksin di kami sudah menipis, sehingga kami masih menunggu dari provinsi," kata Bupati Hendy.

"Padahal, capaian target yang harus dituntaskan dalam 10 hari ke depan di Kabupaten Jember sebanyak 44 ribu lebih orang per harinya, tapi kami kehabisan vaksin untuk besok, barangnya tidak ada," imbuhnya.

Oleh karena itu, Pemkab Jember melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember akan segera berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur, terkait kekurangan vaksin tersebut. “Besok kami akan jemput bola, untuk menyampaikan ke Dinkes Provinsi Jatim terkait kekurangan vaksin," ucap Bupati Hendy.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO