Yuk... ke Perkampungan Ikan Cupang Kediri, Abdul Mutholib Sukses Berawal dari Ikan Hias

Yuk... ke Perkampungan Ikan Cupang Kediri, Abdul Mutholib Sukses Berawal dari Ikan Hias Abdul Mutholib menunjukkan dua ikan cupang super red hasil budidayanya. foto: Muji Harjita/ bangsaonline.com

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan menarik di Desa Badalpandean, Kecamatan Ngadiluwih, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Sedikitnya ada 230 warga di Desa Badalpandean yang memkan . Badalpandean memang bisa disebut perkampungan cupang.

Nah, Muji Harjita, wartawan BANGSAONLINE.com di Kediri mencoba menelurusi perkampungan ini.

Budi daya memang tak kenal pandemi. Di masa pandemi ini permintaan tetap stabil, bahkan cenderung meningkat.

Adalah Abdul Mutholib, 58, salah satu warga Desa Badalpandean yang sejak sepuluh tahun terakhir ini memkan . Sebelumnya, Abdul Mutholib adalah pembudi daya ikan hias seperti koi, koki, dan yang lain.

Kepada BANGSAONLINE.com, Abdul Mutholib menceritakan, awalnya ia dibantu istrinya memkan ikan hias. Tapi ketika permintaan ikan hias mulai menurun, ia beralih ke budid aya . Tidak hanya ia saja yang beralih ke , tapi juga warga desa lainnya.

Menurut Abdul Mutholib, pembeli dan tengkulak yang ambil hasil budi dayanya tidak hanya dari Kediri dan daerah di Jawa Timur lainnya. Bahkan sudah merambah ke Jawa Tengah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO