HUT ke-76 RI, Deni Prasetya Kampanyekan Budi Daya Pisang Cavendish ke Warga Jember

HUT ke-76 RI, Deni Prasetya Kampanyekan Budi Daya Pisang Cavendish ke Warga Jember Deni Prasetya, S.E., Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim menanam bibit pisang cavendish di pekarangan rumah warga. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Berbeda dengan anggota DPRD Jawa Timur kebanyakan yang memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan upacara dan kegiatan seremonial. Deni Prasetya memilih mengampanyekan cavendish kepada warga .

Menurut Deni, cukup mudah karena tak membutuhkan lahan yang luas. Warga bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam pisang cavendish.

Dalam kegiatan ini Deni dibantu oleh anggota Saduluran Salawase Center (SSC). "Kemerdekaaan merupakan hak mendasar bagi setiap manusia. Kemerdekaan harus dijamin dalam hidup kemasyarakatan, melalui pemberdayaan masyarakat dengan jalan cavendish. Ini salah satu bentuk kepedulian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," tutur pembina SSC itu, Selasa (17/8/2021).

Anggota Fraksi NasDem DPRD Jatim itu menambahkan, di masa pandemi ini warga lebih banyak di rumah. Karena itu, dengan menanam pisang cavendish waktu mereka akan lebih produktif.

Deni mengatakan suasana pandemi ini menjadi momentum untuk lebih menguatkan perekonomian melalui sektor pertanian. Terlebih tanah di Indonesia memiliki tingkat kesuburan yang tinggi.

"Memanfaatkan pekarangan dengan menanam pisang cavendish, warga juga bisa mendapatkan keuntungan secara ekonomis ketika masa panen tiba," ujar Deni.

Anggota DPRD Jatim asal daerah pemilihan dan Lumajang ini melanjutkan, pihaknya memilih memkan pisang cavendish karena punya nilai jual yang tinggi. Selain itu, cavendish cocok ditanam di daerah seperti dan Lumajang.

Namun, yang terpenting dari cavendish ini adalah pendampingan pasca panen. Karena itu, ia dengan menggandeng SSC telah menyiapkan pendampingan dan pemberdayaan bagi warga.

"Kami melatih ibu-ibu untuk membuat olahan keripik pisang cavendish. Sehingga banyak pilihan bagi konsumen yang ingin menikmati pisang cavendish," pungkas tokoh muda NU ini. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO