Anggota DPRD Jatim Deni Prasetya Dorong Pemberdayaan Kaum Difabel

Anggota DPRD Jatim Deni Prasetya Dorong Pemberdayaan Kaum Difabel Anggota DPRD Jatim, H. Deni Prasetya, SE bersama penjahit difabel yang ia bina bersama PJB dan SSC. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kaum atau penyandang disabilitas tak boleh lagi dipandang sebelah mata karena keterbatasan fisiknya. Sejatinya, mereka adalah bagian dari masyarakat yang mempunyai hak dan kesempatan yang sama.

Pernyataan itu disampaikan anggota DPRD Jatim, Deni Prasetya.

Menurut Deni, dengan kesempatan dan pelatihan, para bisa beraktivitas dan bekerja seperti masyarakat umum lainnya. Karena itu, pihaknya mendorong pemberdayaan bagi kaum .

"Dengan pelatihan, para ini bisa tetap produktif dan menghasilkan uang. Prinsipnya, selama diberi kesempatan dan dukungan, mereka bisa tetap berkarya," tutur anggota DPRD Jatim daerah pemilihan Jember dan Lumajang ini, Minggu (27/6/2021).

Anggota Fraksi NasDem ini mengaku sejauh ini sudah men-support 12 yang ada di Kecamatan Sumbersari, Jember. Dengan pembinaan dan pelatihan yang diberikan, para itu telah mahir menjadi penjahit.

Deni melanjutkan, pihaknya juga memberdayakan para itu bekerja mengemas (packing) kopi, keripik pisang, dan oleh-oleh khas Jember lainnya. Dengan demikian mereka mendapat tambahan penghasilan di luar usaha menjahit.

"Alhamdulillah, beberapa yang telah di-support sudah mandiri menjadi pelaku UMKM di bidang penjahitan," ujar kader Ansor ini.

Deni mengungkapkan, pemberdayaan yang ia lakukan menggandeng ormas Pemuda Jember Bergerak (PJB) dan Saduluran Salawase Center (SSC). Menurutnya, pihaknya tak bisa bergerak sendiri, karena itu perlu kolaborasi dengan ormas dan LSM yang ada.

Karena itu, ia mengimbau instansi pemerintah seperti OPD, mau pun pihak swasta juga berkontribusi dalam pemberdayaan kaum . Baik lewat pembinaan atau pun kesempatan bekerja di instansi yang bersangkutan.

"Sejumlah instansi, baik pemerintah dan swasta sudah memberi kesempatan bekerja kepada kaum . Mungkin perlu banyak lagi yang berpartisipasi. Terus terang, saya sangat mengapresiasi kepolisian yang sudah mengeluarkan SIM D khusus untuk kendaraan bermotor yang dimodifikasi untuk para difable," pungkas Deni. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO