Putus Sebaran Corona, Kota Blitar Mulai Berlakukan Tes Covid-19 bagi Wisatawan

Putus Sebaran Corona, Kota Blitar Mulai Berlakukan Tes Covid-19 bagi Wisatawan Tes Covid-19 bagi pengunjung lokasi wisata di Kota Blitar. (foto: ist)

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Tes Covid-19 bagi pengunjung lokasi wisata di telah diberlakukan. Upaya ini dilakukan untuk memutus penularan Covid-19, terlebih potensi virus dibawa oleh wisatawan luar .

Lokasi yang menjadi fokus pelaksanaan tes Covid-19 bagi wisatawan adalah Pusat Informasi Pariwisata dan Perdagangan (PIPP), tempat parkir kendaraan wisatawan yang akan ke wisata religi Makam Bung Karno.

Kapolsek Kepanjenkidul Kompol Agus Fauzi mengatakan, sejumlah pengunjung dites swab antigen secara acak. Ada 75 wisatawan yang dites Covid-19 di hari pertama pemberlakuan tes Covid-19 bagi wisatawan.

"Hasil dari pelaksanaan tes swab antigen kepada para pengunjung sebanyak 75 orang kesemuanya dengan hasil negatif," ujar Kompol Agus.

Sebelumnya, Sekretaris Satgas Covid-19 Hakim Sisworo mengatakan, Pemerintah memang memperketat pengawasan di lokasi wisata. Hal ini untuk mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19.

"Pengawasan ini kami lakukan untuk mengantisipasi adanya lonjakan Covid-19. Utamanya di tempat-tempat wisata yang sering dikunjungi warga luar daerah. Di PIPP kami dirikan posko. Untuk memantau wisatawan yang akan berkunjung ke Makam Bung Karno. Di posko tersebut dilakukan testing, tracing, dan treatment terhadap pengunjung wisata Makam Bung Karno," jelasnya.

Selain itu, kata Hakim, satgas juga menggencarkan sosialisasi ke homestay dan hotel agar lebih menekankan penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 kepada para tamu.

"Protokol kesehatan juga harus terus dilaksanakan di homestay dan hotel. Kami sudah beri sosialisasi," pungkasnya. (ina/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Digiring Maling, Ratusan Bebek Milik Warga di Blitar Raib':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO