Kamis, 29 Juli 2021 16:05

Saring Bacakades, DPMD Sumenep Gelar Ujian Kepemimpinan di Gedung Islamic Center

Kamis, 17 Juni 2021 23:47 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Sahlan
Saring Bacakades, DPMD Sumenep Gelar Ujian Kepemimpinan di Gedung Islamic Center
Kepala DPMD Sumenep, Moh. Ramli.

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumenep menggelar ujian bagi bakal calon kepala desa (bacakades) yang mendaftar pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Tahun 2021.

Dalam ujian ini, DPMD Sumenep bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo. Adapun pelaksanaan ujian digelar di Gedung Islamic Center, Kecamatan Bantuan, Kamis (17/6/21).

"Hari ini kita gelar ujian kepemimpinan sebagai salah satu kegiatan pada seleksi tambahan di pencalonan kepala desa di pilkades ini," terang Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli, kepada sejumlah awak media, Kamis (17/6).

Ujian kepemimpinan itu menggunakan sistem hybrid. Untuk tes tulis dilakukan secara tatap muka atau langsung. Sedangkan focus group discussion (FGD) menggunakan sistem daring dengan peserta di ruangan lain.

BACA JUGA : 

PPKM Darurat, Puskesmas di Sumenep Tetap Buka Pelayanan

Tersinggung Gegara SMS, Makam Berusia 10 Tahun di Jember Terpaksa Dipindah

47 Desa di Gresik Gelar Pilkades Serentak November Mendatang, Berikut Daftarnya

Soal Penundaan Pilkades Serentak, Dewan Sarankan DPMD Pasuruan Konsultasi ke Kemendagri

Ramli menjelaskan, ujian kepemimpinan ini diberlakukan bagi desa yang bakal calonnya lebih dari 5 orang. "Adapun yang dinilai ada 4 kriteria, yakni 70% di tiga kriteria pertama yang sudah bisa saling menghitung dan siapa pun bisa mengetahui atau bisa menghitungnya, yakni di usia pendidikan dan pengalaman," tuturnya.

“Secara teknis, Pemkab Sumenep, tim kabupaten, sudah bekerja sama dan menunjuk LPPM Universitas Trunojoyo Bangkalan, dan hasilnya akan diserahkan secara langsung," ungkapnya.

Sementara hasil dari tes kepemimpinan itu ditargetkan akan selesai dalam waktu satu hari. Sedangkan penetapan akan dilakukan pada tanggal 22 Juni 2021, karena bupati sudah menetapkan jadwal tahapan pilkades ini, khususnya di masa penyaringan.

"Semua tahapan pilkades sudah wajib mematuhi ketentuan prokes. Pemkab Sumenep dan tim kabupaten di pilkades ini berkomitmen untuk menjalankan amanat ketentuan prokes. (aln/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...