Rabu, 28 Juli 2021 20:47

Bersama Kiai Makki Nasir, Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Edukasi Warga Bangkalan Patuhi Prokes

Rabu, 16 Juni 2021 20:50 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Bersama Kiai Makki Nasir, Anggota DPRD Jatim Dapil Madura Edukasi Warga Bangkalan Patuhi Prokes
Anggota DPRD Jatim Dapil XIV Madura membagikan suplemen dan vitamin kepada masyarakat Bangkalan, Madura. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Jawa Timur dari Daerah Pemilihan (Dapil) XIV (Madura) terus bergerak ikut mengatasi lonjakan Covid-19 di Bangkalan, Madura. Anggota DPRD Dapil Madura lakukan pembagian vitamin dan suplemen pendukung untuk meningkatkan imun masyarakat Bangkalan, Madura.

Anggota DPRD Jatim Mohammad Nasih Aschal saat dikonfirmasi mengatakan, pembagian vitamin dan suplemen kepada masyarakat merupakan salah satu edukasi yang dilakukan kepada masyarakat dalam meningkatkan imun tubuh sebagai upaya melawan Covid-19. Selain juga mengingatkan pentingnya melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

"Ini wujud solidaritas anggota DPRD Jatim Dapil Madura untuk membantu penanganan lonjakan Covid-19 yang terjadi di Bangkalan," ujar Politikus NasDem yang akrab disapa Ra Nasih itu, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Dalam kesempatan itu, para anggota dewan juga membagikan masker kepada masyarakat Bangkalan. Jumlah paket sesuai kebutuhan dan disebarkan di kecamatan yang terjadi lonjakan, di antaranya Kecamatan Arosbaya, Geger, Klampis, dan Kecamatan Bangkalan.

BACA JUGA : 

Pro Kontra Hak Angket untuk Gubernur Khofifah, Sahat Tua: Secara Konstitusi Belum Ada Pelanggaran

Hari Anak Nasional 2021, 67 Anak Didik Pemasyarakatan di Jatim Dapat Remisi

Politikus Demokrat Bagikan 4 Sapi untuk Keluarga Terdampak Covid-19 di Gresik

Golkar Jatim Kurban Belasan Ekor Sapi, Warga Isoman Dapat Prioritas

Ra Nasih mengungkapkan, kegiatan tersebut diikuti seluruh anggota DPRD Jatim Dapil Madura, yakni Abdul Halim (Gerindra), Mahhud (PDI Perjuangan), Mathur Husyairi (PBB), Mochammad Aziz (PAN), Achmad Iskandar dan Zaenal Abidin (Demokrat), Mohammad Ashari (NasDem), Muhammad Bin Mu'afi Zaini (Golkar), Aliyadi Mustofa dan Nur Fitriana (PKB), serta Musyaffa' Noer (PPP). Pihaknya juga mengundang Ketua PCNU Bangkalan K.H. Makki Nasir.

Pihaknya juga melibatkan relawan untuk ikut dalam pembagian ini. Di mana para relawan juga melakukan edukasi kepada masyarakat terkait Covid-19. Mereka mengajak masyarakat Bangkalan untuk tetap menjaga protokol kesehatan dan bisa memahami kalau Covid-19 ini benar-benar ada dan nyata.

"Mereka juga akan ikut andil dalam memberikan edukasi sekaligus juga untuk ikut serta di dalam membangun situasi atau suasana yang tidak menakutkan di masyarakat terkait lonjakan Covid-19 yang ada di Bangkalan. Intinya kita ajak masyarakat Bangkalan harus siap dengan kondisi apa pun dan Insya Allah Bangkalan akan segera lepas dari kondisi saat ini," ungkapnya.

Pihaknya mengakui, penanganan Covid-19 di Bangkalan ini berbeda dengan wilayah lain, karena pendekatan dengan kearifan lokal sangat diperlukan agar masyarakat bisa benar-benar memahami Covid-19 dan menjalankan protokol kesehatan dalam mencegah ketertularan.

Bahkan, lanjut Anggota Fraksi NasDem ini, anggota DPRD Dapil Madura juga akan mengusulkan dibentuknya rumah-rumah sehat di masing-masing desa yang ada untuk tempat edukasi masyarakat akan bahaya Covid-19. Konsultasi kesehatan juga kalau memungkinkan akan digunakan sebagai tempat karantina mandiri.

"Rumah sehat ini untuk hilangkan image bahwa berobat itu akan mengakibatkan kematian. Kita ingin menghilangkan stigma itu, sehingga pendekatannya pun juga akan lebih diterima di masyarakat. Ini pendekatan lokal untuk penyadaran masyarakat dalam rangka menekan lonjakan Covid-19," pungkas Pengasuh Ponpes Syaichona Cholil, Demangan, Bangkalan itu. (mdr/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...