Rabu, 28 Juli 2021 20:05

Kondisinya Mengenaskan, ​Kakek 87 Tahun Ini Dapat Bantuan Program Rutilahu Rp 30 Juta

Rabu, 16 Juni 2021 09:04 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Nanang Fachrurozi
Kondisinya Mengenaskan, ​Kakek 87 Tahun Ini Dapat Bantuan Program Rutilahu Rp 30 Juta
Mansyur Tjipto, kakek berusia 87 tahun, warga RT 1 RW 2 kelurahan Tandes Surabaya. foto: nanang/ bangsaonline.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mansyur Tjipto, kakek berusia 87 tahun, warga RT 1 RW 2 Kelurahan Tandes ini hanya bisa duduk di kursi kayu, ketika Tim Program Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari Dinas Sosial, Kelurahan, dan Unit Pembinaan Keluarga Miskin (UPKM) mendatangi rumahnya untuk melakukan pengukuran.

Kondisi rumah berukuran 5x13 meter yang ditempati Mansyur ini terlihat sangat mengenaskan. Hanya berdinding kayu tua yang sudah rapuh, atapnya pun genting yang sebagian sudah banyak yang jebol. Lantainya tanah, sebagian diplester ala kadarnya.

Mirisnya lagi, posisi rumah kakek yang tinggal sendirian dan hidupnya bergantung pada anak serta menantunya ini cenderung miring karena pernah roboh diterjang angin dan hujan. Sehingga dibangun seadanya. Ditambah kondisi dalam rumah yang semrawut dengan tumpukan barang-barang tak layak pakai.

Hal inilah yang kemudian mendorong pihak Kelurahan Tandes mengusulkan bantuan untuk program rutilahu, yang digagas Dinas Sosial dibantu Unit Pembinaan Keluarga Miskin (UPKM) Kelurahan Tandes.

BACA JUGA : 

Peringati Hari Lansia, Pemkot Surabaya Serahkan Bantuan Program Rehabilitasi Sosial Rutilahu

Kisah Pengepul Rongsokan, Sulap Lahan Mati Hasilkan Rupiah untuk Sekolahkan Anak

Dekatkan Pelayanan ke Warga, Pendamping PKH Surabaya akan Berkantor di Kelurahan Mulai Senin Depan

Mengenal Kampung 1001 Malam di Surabaya, Kampung Marjinal yang Luput dari Perhatian

"Saya mendukung adanya program ini, khususnya untuk warga Kelurahan Tandes, dan yang sudah mengusulkan untuk sementara tahun ini ada 6 orang dan yang bisa direhab hanya 2 orang," ujar Farid W, Kasi Kesra Kelurahan Tandes kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (16/6/2021).

"Proses pengusulan untuk program ini kita berdasarkan usulan data dari RT. Jika ada warganya yang memang perlu rumahnya untuk direnovasi, disurvei dengan didampingi dari Unit Pembinaan Keluarga Miskin (UPKM,)" paparnya.

Di tempat yang sama, Andre, pendamping program rutilahu dari Dinas Sosial kota Surabaya menjelaskan bahwa besaran anggaran program ini mencapai Rp 33 juta untuk satu rumah yang direhab. Sementara target pengerjaan 19 hari.

"Perinciannya, satu rumah Rp 33 juta, Rp 3 juta untuk PPN PPH, Rp 21 juta untuk material, dan sisanya untuk pekerja. Adapun untuk pekerja juga dibagi dua, yakni tukang dan kuli," terang Andre.

Sekadar diketahui, rutilahu adalah program Kementerian Sosial yang bertujuan merehabilitasi rumah-rumah masyarakat fakir miskin secara bergotong royong agar terciptanya hunian yang layak untuk ditempati.

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...