Rabu, 04 Agustus 2021 13:46

Menuju Nganjuk Sehat, Plt Bupati Marhaen Hadiri Panen Perdana Padi Sehat Sistem Demplot

Senin, 14 Juni 2021 16:55 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Menuju Nganjuk Sehat, Plt Bupati Marhaen Hadiri Panen Perdana Padi Sehat Sistem Demplot
Plt Bupati Marhaen Jumadi lakukan panen perdana Padi Sehat sistem Demplot. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi menghadiri panen perdana program Padi Sehat Sistem Demplot (Demonstrasi Plot) di Dusun Sambi Jajar, Desa Kwagean, Kecamatan Loceret, Senin (14/06). 

Dalam kesempatan ini, Marhaen mengatakan sistem demplot merupakan cara baik untuk mendapatkan jenis padi sehat, yaitu penanaman padi hingga panen tanpa bahan kimia.

"Saya ingin agar petani di Nganjuk bisa melaksanakan tanam padi sistem demplot," kata Kang Marhaen, sapaan Plt. Bupati Nganjuk dikutip BANGSAONLINE.com.

Menurutnya, penanaman padi sehat sistem demplot bisa dijadikan contoh untuk desa-desa di Kabupaten Nganjuk, untuk mengurangi pemakaian bahan kimia. "Menuju Nganjuk sehat sudah menjadi cita-cita saya, dan ini harus kita wujudkan bersama-sama," harapnya.

BACA JUGA : 

Kabupaten Nganjuk Raih Penghargaan KLA Tingkat Pratama untuk Ketiga Kalinya

Bantu Masyarakat Terdampak PPKM Darurat Covid-19, Pemkab Luncurkan Gerakan Teplekan Wong Nganjuk

Tiba di Nganjuk, Bupati Novi Segera Disidang

Hadiri Diskusi UU ITE, Plt. Bupati Nganjuk: Kontrol Jarimu jika Tak Ingin Tersentuh Hukum

"Saya meminta agar tinggalkan pupuk kimia dan beralih ke pupuk organik, maka akan mengurangi cost tinggi dan meningkatkan ekonomi petani," terangnya.

Penggunaan pupuk organik ini menurut Kang Marhaen, selain menyehatkan juga menguntungkan dari sisi ekonomi. Pupuk organik selain harga lebih murah, bisa juga diproduksi sendiri dengan kotoran ternak.

Ditambahkan, panen padi sehat kali ini masih dalam skala demplot. Rencana ke depan akan dikembangkan di area kurang lebih 5 hektare kemudian akan berkembang hingga 25 hektare.

"Saat ini masih skala kecil, Saya sudah persiapkan nantinya untuk sekala yang lebuh luas lagi," ujar Kang Marhaen. 

Turut hadir dalam panen padi tersebut, Dandim 0810 Nganjuk Letkol Inf Georgius Luky Ariesta, Sekda M Yasin, Kepala Dinas Pertanian, Plt Camat Loceret, Kades Loceret, dan para kelompok tani. (bam/ian)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...