Ajarkan Jiwa Sportivitas, IPSI Lamongan Gelar Latihan Bersama Antarperguruan Silat

Ajarkan Jiwa Sportivitas, IPSI Lamongan Gelar Latihan Bersama Antarperguruan Silat Ketua IPSI Kabupaten Lamongan Debby Kurniawan yang juga Anggota Komisi X DPRI RI menyaksikan pembukaan latihan bersama perguruan silat Lamongan. (foto: ist)

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Lamongan menggelar latihan bersama antarperguruan pencak silat di Gedung Pemuda Jalan Lamongrejo Lamongan, Minggu (13/6/2021) malam.

Ketua IPSI Kabupaten Lamongan mengatakan, latihan bersama tersebut bertujuan untuk menjalin silaturahmi, menjaga harmonisasi sesama perguruan dan rasa persaudaraan di antara perguruan yang ada di Lamongan.

"Melalui pencak silat kita bangun karakter generasi yang tangguh dengan olahraga pencak silat, kita lestarikan budaya leluhur sebagai jati diri bangsa," kata usai menyaksikan pembukaan latihan bersama.

Menurut Iwan, panggilan akrab yang juga Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Demokrat, latihan bersama tersebut menjadi salah satu bagian penting dalam membangun karakter peserta didik dan membentuk karakter yang jujur, disiplin, mandiri, tangguh, sehat, dan cerdas.

"Melalui pencak silat ini kita bangun kebudayaan, memberikan ruang kepada peserta didik mengekspresikan kecintaannya terhadap pencak silat yang merupakan bagian dari proses pendidikan, kebudayaan, serta melestarikan tradisi leluhur baik di sekolah maupun di luar sekolah," ujarnya.

Dicontohkan Iwan, pada latihan bersama yang dibuka Ketua KONI Kabupaten Lamongan Janadi tersebut bahwa gerakan-gerakan pencak silat yang diperagakan terlihat cekatan dalam melatih jurus-jurus gerakan memukul, menendang, dan menghindar. Bahkan, bertahan ketika menerima pukulan lawan pun terlihat jelas ketahanan fisik serta sikap mental berani dan percaya diri menerima tantangan.

"Ya, latihan ini juga mengajarkan jiwa sportivitas, mengakui kehebatan lawan serta menerima kekalahan. Ajang latihan ini juga sekaligus mengasah kemampuan bersosialisasi antarpeserta, sehingga diharapkan peserta mampu berinteraksi, bergaul dengan semua peserta yang berbeda usia, dari anak-anak, muda, dewasa, hingga tua," jelasnya. (qom/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO