Rabu, 04 Agustus 2021 13:26

Terinspirasi Wali Kota Eri, Kini Camat Ngantor di Balai RW

Rabu, 09 Juni 2021 20:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Indrayadi
Terinspirasi Wali Kota Eri, Kini Camat Ngantor di Balai RW
Camat Benowo ngantor di kelurahan dan balai RW. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Inovasi yang dilakukan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yakni berkantor di kelurahan, rupanya mulai ditiru oleh jajarannya. Beberapa camat di Surabaya pun sudah mulai menerapkan inovasi yang sama, namun di balai RW, sehingga layanan itu lebih dekat dengan warga.

Camat Benowo Surabaya Muslich Hariyadi adalah salah satunya yang sudah mulai ngantor di balai RW. Dia mengaku sejak Senin (7/6/2021) lalu, telah membuka pelayanan kepada warga di balai RW karena terinspirasi dengan Wali Kota Eri Cahyadi yang berkantor di kelurahan.

"Kami terinspirasi oleh Bapak Wali Kota. Beliau mau berkantor di kelurahan. Terakhir kemarin beliau berkantor di Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo melayani warga, kami dampingi," kata Muslich, Rabu (9/6/2021).

Menurutnya, ketika Eri membuka layanan di kantor kelurahan, banyak warga yang datang untuk berkeluh kesah. Bahkan, ada pula yang datang untuk menanyakan masalah pembangunan hingga memberikan apresiasi.

BACA JUGA : 

Rumah Sehat di Surabaya Bisa Diisi 3 Hingga 10 Pasien

Target Wujudkan Herd Immunity Bagi Warga Surabaya Terkendala Pasokan Vaksin

Wali Kota Eri Berikan Kaki Palsu untuk Dua Warga Difabel

Sambut HUT ke-76 RI, Wali Kota Eri Imbau Warga Kibarkan Bendera Sebulan Penuh

"Saya akhirnya mulai Senin (7/6/2021) malam, berkantor di RW Kelurahan Kandangan," terangnya.

Sementara hari ini, Muslich mengaku berencana berkantor di Balai RW 1 Kelurahan Sememi, Kecamatan Benowo. Dalam sepekan, dia pun berupaya dapat berkantor dua sampai tiga kali di balai RW.

"Kami bergilir ke RW-RW, Insya Allah seminggu dua sampai tiga kali. Dan kami berkantornya malam. Karena kalau pagi RT/RW-nya kerja. Kami berkantor sekitar pukul 19.00-21.00 WIB atau 22.00 WIB," ungkap Muslich.

Dijelaskannya ketika berkantor di balai RW, ada beberapa layanan yang telah disiapkan. Seperti layanan administrasi kependudukan (adminduk). Meski begitu, Muclish menyatakan bahwa pelayanan akan tetap dibuka pada malam hari. Bahkan, pelayanan tak hanya diberikan kepada warga dalam satu RW yang dikunjungi, tapi juga satu kelurahan.

Selain Muslich, camat yang juga sudah ngantor di balai RW adalah Camat Tegalsari Buyung Hidayat Rahman. Dia mengaku mulai Jumat lalu, sudah ngantor di RW 09 Plemahan Kelurahan Kedungdoro, Tegalsari, Surabaya. Selanjutnya, direncanakan di RW 5 Kelurahan Tegalsari dan juga di RW 3 Kelurahan Keputran.

"Teman-teman camat memang terinsipirasi dari Pak Wali Kota yang sudah beberapa kali ini ngantor di kelurahan, sehingga atas teladan itulah kami juga berkantor di balai RW, supaya lebih dekat dengan warga dan dapat menyelesaikan berbagai masalah yang terjadi di bawah lebih cepat,” kata Buyung.

Pada saat berkantor di balai RW, dia mengaku banyak mendapatkan keluhan dari warga, mulai dari persoalan administrasi, pendataan UMKM, hingga persoalan parkir mobil di kampung-kampung. Satu per satu pun dicarikan solusinya, sehingga warga merasa terfasilitasi dengan adanya jajaran kecamatan.

"Berbagai persoalan yang kami temui di bawah langsung kami carikan solusinya. Kami juga lebih dekat dengan warga," pungkasnya. (dra/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...