Tak Main-main Berantas Narkoba, Kejari Sidoarjo Naikkan Tuntutan di Atas 6 Tahun

Tak Main-main Berantas Narkoba, Kejari Sidoarjo Naikkan Tuntutan di Atas 6 Tahun Kajari Sidoarjo memimpin pemusnahan barang bukti berupa narkoba di halaman kantor setempat, Rabu (9/6/2021).

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidoarjo melakukan pemusnahan barang bukti berupa narkoba ( dan obat berbahaya) di halaman kantor setempat, Rabu (9/6/2021). Barang bukti yang dimusnahkan berupa sabu-sabu, ganja, serta ratusan ribu pil dobel L dan ekstasi.

Pemusnahan barang bukti tersebut dihadiri sejumlah Forkopimda, baik Bupati Sidoarjo, Dandim 0816, Kalapas Sidoarjo, Kepala Bea Cukai, dan sejumlah pejabat lain.

Kepala , Arif Zahrulyani mengatakan, pemusnahan barang bukti ini dilakukan setelah ada keputusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap.

"Ini adalah sebagai upaya transparansi dari penengakan hukum yang ada. Terutama dalam memberantas peredaran narkoba di wilayah Sidoarjo," jelas Arif.

Adapun barang bukti yang dimusnahkan, yakni 30.995,3 gram alias 30,9 kilogram sabu-sabu, 3.357,2 gram atau 3,3 kilogram ganja, 124.927 butir pil double L, 1.045 pil ekstasi, 3.245 tembakau gorilla, dan 11 karton/dos rokok ilegal.

Barang bukti itu merupakan hasil keseluruhan perkara yang ditangani sebanyak 465 perkara pidana umum dan 4 perkara pidana khusus. "Penegak hukum tidak akan main-main dengan perkara narkoba," tambahnya.

Dalam menangani perkara , lanjutnya, saat ini pihak kejaksaan tidak akan menggunakan tuntutan di bawah 6 tahun. Sebab, hal itu akan menjadi efek jera bagi penggunanya.

"Untuk barang bukti nol koma sekian gram, sekarang tidak lagi dituntut di bawah enam tahun. Justru di atas enam tahun. Kenapa? Agar perkara narkoba bisa diberantas," tegasnya.

Dari sekian perkara yang ditangani Kejaksaan Negeri Sidoarjo, menurutnya sudah 70 persen lebih sudah ditangani dan disidangkan. Meski ada peningkatan setiap tahunnya, pihaknya tidak segan-segan dalam memberikan tuntutan terhadap penyalahgunaan . (cat/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kejari Gunungkidul Musnahkan Belasan Barang Bukti Tindak Pidana':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO