Gandeng Pelindo III, Wali Kota Eri Kembangkan Potensi Wisata Air Kalimas

Gandeng Pelindo III, Wali Kota Eri Kembangkan Potensi Wisata Air Kalimas Taman Petekan (Riverside). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Rencana dalam mengembangkan potensi wisata di Surabaya terus dilakukan. Hari ini, jajaran Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama dengan menyusuri . Tujuannya untuk melakukan pengkajian serta analisis mendalam terkait konsep wisata air, kota lama, heritage, hingga pengembangan UMKM.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Antiek Sugiharti mengatakan, hari ini adalah tindak lanjut pertemuan antara dengan beberapa waktu lalu. Dia menyebut, ada beberapa spot menarik yang akan dapat dikembangkan bersama Pelindo yang akan dikemas menjadi satu konsep.

“Setelah kami sisir dari Taman Prestasi hingga Taman Petekan, kami tahu apa saja yang seharusnya diperbaiki. Apalagi Taman Petekan ini juga sudah siap dengan UMKM, jadi kami akan gabungkan menjadi satu konsep,” kata Antiek, Senin (7/6/2021).

Selain itu, Antiek menyebut dengan adanya kolaborasi bersama rencananya akan melibatkan kapal cruise (pesiar) yang sering bersandar di Pelabuhan Tanjung Perak. Dari sanalah wisatawan yang datang dapat berkeliling menikmati wisata air, kota lama, heritage secara bersamaan.

"Biasanya penumpang kapal cruise saat turun, kelilingnya menggunakan bus. Kita lihat apakah memungkinkan kalau menggunakan wisata air. Salah satu alternatif untuk safari mereka,” urainya.

Dia memastikan, jika selama ini rute wisata air berjalan mulai dari Kapal Monkasel-Taman Prestasi-Museum Pendidikan-Siola-Jembatan Merah. Kini, sudah menyambung hingga Taman Petekan. Bahkan, di sepanjang perjalanan menuju Taman Petekan, dia pun mencatat apa saja yang harus dibenahi agar wisatawan dapat menikmati perjalanan air dengan nyaman.

“Insya Allah akhir tahun ini bisa terlaksana, untuk pengembangan selanjutnya kami lakukan secara bertahap,” paparnya.

Sementara itu, SM Perencanaan Strategis dan Kinerja Perusahaan Mohammad Ali Affandi menambahkan, ada beberapa potensi wisata yang dapat dimaksimalkan manfaatnya. Dia membeberkan, seperti Taman Petekan atau istilahnya Riverside yang sudah beroperasi sejak dua tahun lalu.

"Biasanya lokasi ini digunakan anak muda untuk nongkrong dan foto-foto. lalu pompa air Petekan juga dapat digunakan sebagai wisata edukasi bagi anak-anak dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Dia menargetkan, program tersebut akan terealisasikan akhir tahun 2021 tepatnya bulan September mendatang, sesuai dengan diskusinya bersama Wali Kota Eri. Untuk mencapai itu, salah satu yang menjadi konsentrasi saat ini adalah di titik perjalanannya. “Secara konektivitas perjalanan juga menjadi concern kami dengan ,” tandasnya. (dra/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO