Mudah Stres dan Rentan Mati, Begini Tips dan Trik Cara Beternak Kelinci Holland Lop

Mudah Stres dan Rentan Mati, Begini Tips dan Trik Cara Beternak Kelinci Holland Lop Eko Sabdianto, Breeder Kelinci Spesialis Holland Lop. (foto: ist)

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Beternak jenis apa saja sangat dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran yang ekstra. Termasuk jenis Holland Lop.

Eko Sabdianto, Breeder Kelinci Spesialis Holland Lop yang berlokasi di Jalan Kelud Gang Punden RT 2 RW 11, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, menyarankan kepada peternak pemula agar memilih jenis lokal terlebih dahulu.

"Karena alasannya lebih mudah dalam hal perawatan daripada langsung memelihara jenis holland lop. Sebab, berbeda karena jenis ini lebih mudah mati dan rentan stres jika tidak tahu cara merawatnya," tutur Founder KWB Rabbitry Indonesia tersebut, Jumat (4/6/2021).

Dian, sapaan akrabnya, mengungkapkan bahwa beternak holland lop memanglah sangat menguntungkan, akan tetapi juga membutuhkan kesabaran, atau lebih tepatnya kesabaran yang ekstra. Umumnya, baru siap untuk dijual atau dipasarkan saat berumur 2,5 bulan, atau lebih tepatnya sudah siap sapih dan tidak menyusui induknya lagi.

"Karena kita belum bisa menikmati hasilnya hingga beternak setidaknya 4 bulan, bahkan setengah tahun. Karena bisa dipanen biasanya di usia 2,5 bulan-3 bulan, khususnya untuk jenis holland lop. Pada usia itu, sudah siap untuk dipasarkan atau dijual," paparnya di sela-sela kesibukannya membersihkan kandang .

Breeder sekaligus penghobi holland lop ini memberikan tips dan trik, agar terutama jenis holland lop yang dipelihara tidak cepat mati dan stres.

"Salah satunya pakan yang tak kalah penting, karena jenis holland lop ini tidak boleh sembarangan diberikan pakan seperti jenis lain pada umumnya. Kalau untuk pakan harus 80 persennya rumput kering jenis timothy hay, sisanya pelet khusus . Sebab, pencernaan tergolong sensitif, jika sembarangan memberikan pakan, alhasil akan mencret dan kembung yang berujung pada kematian," bebernya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Dengan Santainya, Maling Gasak Motor Karyawan Pabrik di Kota Batu':