Rabu, 04 Agustus 2021 13:57

Upaya Tingkatkan PAD di Tengah Pandemi, Bapenda Bekali Petugas Pelayanan Pajak "Tebar Pesona"

Rabu, 02 Juni 2021 15:54 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Supardi
Upaya Tingkatkan PAD di Tengah Pandemi, Bapenda Bekali Petugas Pelayanan Pajak "Tebar Pesona"
Kepala Bapenda Kota Pasuruan Siti Zuniati saat memberikan sambutan dalam acara pembekalan Tebar Pesona.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkot Pasuruan melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) setempat menggelar Pembekalan Pelayanan Pajak Daerah Tebar Pesona (Terampil, Sabar, Profesional, dan Amanah) bagi puluhan pegawai yang bertugas di tempat pembayaran pajak daerah, khususnya PBB-P2 di kecamatan.

Pembekalan ini bertempat di Hotel Horison Kota Pasuruan Rabu (2/6), dibuka langsung oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) didampingi Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo.

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asisten II) Kota Pasuruan, Ketua Komisi II DPRD Kota Pasuruan, Kepala Bapenda beserta jajaran, Camat se-Kota Pasuruan, serta narasumber dari Universitas Brawijaya Malang.

Dalam sambutannya, Gus Ipul --sapaan Wali Kota Pasuruan- menyampaikan kegiatan ini merupakan rumus nomor 1 dari 3 rumus untuk mewujudkan Pasuruan Kota Madinah, yakni maju ekonominya. Diharapkan melalui pembekalan ini pendapatan asli daerah (PAD) Kota Pasuruan terus meningkat meskipun di tengah pandemi.

BACA JUGA : 

Masuk Klaster Level 4, Wakil Wali Kota Pasuruan Ikuti Pendampingan Penanganan Covid-19

Kurangi Kerumunan di Pasar, Gus Ipul Luncurkan Madinah Mart

Antisipasi Lonjakan Pasien Covid-19, Forkopimda Kota Pasuruan Hadiri Rakor Evaluasi PPKM Darurat

Pemkot Pasuruan Berencana Jadikan Kawasan P3GI sebagai Wisata Edukasi

Menurutnya, pajak hotel, pajak restoran, pajak reklame, pajak hiburan, pajak penerangan jalan, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak parkir, pajak air tanah, pajak sarang burung walet, BPHTB, serta pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) merupakan instrumen penting untuk menyokong pembangunan daerah. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah.

"Kota Pasuruan masih terkesan jalan sendiri-sendiri antara pemberi izin dan pengurus pajak, sehingga tidak sinkron dan masih egosektoral. Oleh karena itu kepada Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pasuruan harus mengirim surat ke OPD terkait pemasangan spanduk/banner untuk mengikuti ketentuan-ketentuan yang ada dan saling koordinasi dengan pihak terkait," ujar Gus Ipul saat memberi arahan.

Gus Ipul menyambut baik prinsip Tebar Pesona yang dicetuskan bapenda. Ia mengajak kepada peserta kegiatan untuk meningkatkan semangat dalam bekerja agar masyarakat merasakan pelayanan terbaik.

"Saya berharap kegiatan ini benar-benar mendapat rahmat dari Allah SWT dan peserta kegiatan dapat menambah ilmu serta wawasan sehingga bisa mengimplementasikan dalam tugas sehari-hari," pungkasnya.

Sementara Kepala Bapenda Kota Pasuruan Siti Zuniati menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pembekalan kepada SDM pelayanan pajak daerah agar mampu melaksanakan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak dengan Tebar Pesona, yaitu Terampil, Sabar, Profesional dan Amanah.

"Tujuannya adalah agar SDM pelayanan dapat menerapkan pelayanan Tebar Pesona sebagai jiwa dan napas keseharian untuk meningkatkan mutu pelayanan yang pada akhirnya juga akan meningkatkan kepuasan kepada masyarakat wajib pajak," pungkasnya. (par/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...