Rabu, 28 Juli 2021 22:00

Terapkan Kampus Merdeka, Dekan Fakultas Keislaman UTM Siapkan Kerja Sama dengan 50 Mitra

Senin, 31 Mei 2021 21:06 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Subaidah
Terapkan Kampus Merdeka, Dekan Fakultas Keislaman UTM Siapkan Kerja Sama dengan 50 Mitra
Milad Fakultas Keislaman UTM di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura, Senin (31/5/2021). (foto: ist)

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Sambut pelaksanaan Kampus Merdeka, Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menyiapkan 50 mitra kerja sama sesuai dengan profil lulusan. Tidak hanya itu, juga ada kebijakan lainnya yakni menerapkan kurikulum baru yang sudah ditetapkan sejak angkatan tahun 2020.

Dekan Fakultas Keislaman UTM Shofiyun Nahidloh, S.Ag., M.H.I., menyampaikan bahwa kurikulum baru sudah diterapkan sejak angkatan 2020 guna menyambut pelaksanaan kampus merdeka di lingkungan Fakultas Keislaman UTM.

Dalam pelaksanaannya, beberapa program kurikulum kampus merdeka ini menyesuaikan kerja sama dengan mitra yang sesuai dengan profil lulusan. "Angkatan 2020 sudah kami persiapkan mulai dari kurikulum, sehingga angkatan ini sudah siap dengan kampus merdeka. Namun di atas angkatan 2020 perlu menyesuaikan dengan kurikulum merdeka ini," jelasnya saat dikonfirmasi usai pelaksanaan Milad Fakultas Keislaman UTM di Gedung Pertemuan Universitas Trunojoyo Madura, Senin (31/5/2021).

"Ada sekitar 43-50 mitra yang telah melakukan Memorandum of Agreement (MoA) dan Memorandum of Understanding (MoU) sesuai dengan profil lulusan," terangnya kembali menegaskan.

BACA JUGA : 

Resmi Dilantik, Kades Kelbong Siap Laksanakan Amanat Bupati Bangkalan

Kejari Bangkalan Imbau Kades Terpilih Pergunakan Dana Desa Secara Cepat dan Tepat

Digelar Secara Langsung dan Virtual, Bupati Bangkalan Lantik 111 Kepala Desa Terpilih

Terima Laporan PMII Bangkalan Soal Temuan Jual Beli Bansos, Begini Respons Bupati

Kemudian, lanjutnya, untuk mendukung hal tersebut mahasiswa juga disiapkan dengan program magang industri selama satu semester. Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja guna mempersiapkan karier di masa depan.

"Ini menjadi bukti regulasi dari Fakultas Keislaman menyambut kebijakan kampus merdeka, merdeka belajar. Ke depan kita sudah berinisiasi untuk melakukan pertukaran pelajar," ungkapnya.

Tak hanya fokus terhadap program peningkatan bagi mahasiswa, pihaknya juga meningkatkan kualitas SDM dari dosen pengajar dengan mengikutsertakan mereka dalam pelatihan dan uji kompetensi sertifikasi dosen.

"Karena kita secara SDM kita siapkan. Mau tidak mau kita siapkan beberapa kegiatan untuk mengikutsertakan dosen pada sertifikasi profesi bahkan ke uji kompetensi," ujarnya.

"Oleh sebab itu kami berharap, pelaksaan program kampus merdeka terlaksana dengan baik dan maksimal. Serta menghasilkan output sesuai dengan apa yang diharapkan," pungkasnya. (ida/uzi/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...