Lestarikan Budaya Bangsa, Gus Ipul Gelar Pertunjukan Wayang Virtual dan Pelantikan Pengurus Pepadi

Lestarikan Budaya Bangsa, Gus Ipul Gelar Pertunjukan Wayang Virtual dan Pelantikan Pengurus Pepadi Pertunjukan wayang virtual di halaman Gedung Kesenian Darmoyudo Kota Pasuruan, Sabtu (29/5/2021) malam.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Guna mengukuhkan dan melestarikan budaya bangsa, Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan menggelar pertunjukan wayang virtual di halaman Gedung Kesenian Darmoyudo Kota Pasuruan, Sabtu (29/5/2021) malam. Dalam kegiatan ini, juga diadakan acara pelantikan pengurus Persatuan Pean Indonesia (Pepadi) Kota Pasuruan.

Acara tersebut dihadiri Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf () beserta Ibu Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi) beserta Ibu Ani Adi Wibowo, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kota Pasuruan, Kapolres Pasuruan Kota, Dandim 0819 Pasuruan, para asisten, staf ahli, seluruh kepala OPD di lingkungan Pemkot Pasuruan, para sesepuh pewayangan dan tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.

menyampaikan, pertunjukan wayang ini tidak hanya untuk melestarikan budaya, tapi juga merupakan adaptasi dari kebiasaan baru. Bahwa pertunjukan wayang dalam masa pandemi tetap bisa dilakukan dan disaksikan oleh banyak orang, salah satu caranya yakni dilakukan secara virtual dan menggunakan protokol kesehatan.

"Seperti saat ini yang kita lakukan, semua penontonnya duduknya diatur, undangannya 50% kapasitas, dan sebagian menonton melalui Zoom," ucap .

Sebagai salah satu penggemar pertunjukan wayang, mengapresiasi para generasi muda yang masih mencintai budaya dan mau melestarikannya. "Luar biasa dan ini yang menghidupkan seni dan tradisi kita. Ini masih muda-muda bahkan sebagian masih milenial," ujar .

Meskipun pertunjukan wayang cenderung sulit dipahami, namun selalu menggemari pertunjukan wayang. "Saya tidak terlalu mengerti wayang, tetapi saya bisa nonton berjam-jam wayang. Meskipun tidak tahu apa yang diucapkan , yang saya paham bahwa ada inspirasi, cerita, peristiwa, dan pesan moral di sana bahwa yang baik akan menang dan yang buruk akan kalah," pungkas .

Dalam acara yang disiarkan via aplikasi Zoom dan live streaming melalui Ramapati Pasuruan tersebut, hadir pula secara virtual Ketua Pepadi Provinsi Jawa Timur Sinarto yang pada kesempatan itu melakukan pengukuhan kepada para pengurus Pepadi Kota Pasuruan.

Pertunjukan wayang virtual tersebut menceritakan tentang Untung Suropati Krido yang dii oleh Ki Dalang H. Sucipto Sabdo Utomo dengan sinden asal Hongaria, Agnes Servozo. Guna menambah keseruan, acara ini juga dimeriahkan oleh Cak Percil beserta rekan yang mengundang tawa dalam pentasnya. (par/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Suami Bu Kades di Pasuruan Diamankan Polisi Karena Curi Motor, Terekam CCTV':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO