Kamis, 29 Juli 2021 09:08

Tiga Dirut BUMD Pemkab Gresik Kompak Majukan Perusahaan, Berikut Inovasinya

Sabtu, 29 Mei 2021 14:28 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud
Tiga Dirut BUMD Pemkab Gresik Kompak Majukan Perusahaan, Berikut Inovasinya
Dirut PD BPR Bank Gresik Al Kusani, Dirut Perumda Giri Tirta Siti Aminatus Zuriyah, dan Dirut PT Gresik Migas M. Habibullah.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tiga petinggi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Gresik kompak terus mencari terobosan untuk memajukan korporasi (perusahaan). Ketiganya adalah, Direktur Umum (Dirut) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Giri Tirta Siti Aminatus Zuriyah, Dirut PD BPR Bank Gresik Al Kusani, dan Dirut PT Gresik Migas M. Habibullah.

"Kami bertiga selaku pimpinan tiga BUMD milik Pemkab Gresik kompak untuk sama-sama terus berinovasi untuk memajukan korporasi," ujar Siti Aminatus Zuriyah kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (29/5/2021).

Menurut Riza, begitu sapaan akrabnya, saat ini manajemen Perumda Giri Tirta terus memaksimalkan layanan pelanggan dengan memanfaatkan suplai air, baik dari Legundi dan Krikilan Kecamatan Droyirejo, maupun Umbulan Pasuruan.

"Saat ini atas permintaan Pak Bupati Fandi Akhmad Yani, kami terus diminta tingkatkan pelayanan pelanggan," ucap Riza.

BACA JUGA : 

Dukung Misi Kemanusian, PT Hikari Gresik Pinjamkan Sejumlah Tabung Oksigen untuk Pasien Covid

AKD dan Forkopimcam Manyar Door to Door ke Perusahaan Cari Tabung Untuk Bantu Warga Terpapar Covid

Jelang Masuki Masa Pensiun, Kadinsos Gresik Maksimalkan Penuntasan Tugas Pelayanan Masyarakat

Percepat Herd Immunity, Bupati Gus Yani Latih 140 Nakes Hingga Siapkan Tempat Wisata untuk Vaksinasi

Untuk meningkatkan layanan pelanggan, lanjut Riza, saat ini Perumda diminta maksimalkan serapan jatah air dari Umbulan sebesar 1.000 liter per detik untuk mencukupi kebutuhan pelanggan. Air dari Umbulan ini merupakan hasil kerja sama antara Perumda Giri Tirta Gresik dengan PT Air Bersih (AB) Pemprov Jatim.

"Tahun ini, Perumda Giri Tirta bisa melebihi target penyerapan jatah air Umbulan. Dari target tahun 2021 sebesar 300 liter per detik, namun tahun ini ada tambahan 150 liter per detik sehingga sudah mampu menyerap 450 liter per detik. Air dari Umbulan sesuai tahapan penyerapan. Kami terus berupaya maksimalkan untuk peningkatan pelayanan," sambungnya.

Selain memaksimalkan serapan air Umbulan, saat ini manajemen Perumda Giri Tirta juga terus melakukan perbaikan infrastruktur perpipaan di wilayah kota Gresik. Pipa yang rusak seperti keropos, bocor, secara bertahap diperbaiki. Ditargetkan, setelah jaringan perpipaan semua bagus, maka serapan air Umbulan 1.000 liter per detik sudah bisa diwujudkan pada tahun 2026.

"Insya Allah target kami hingga 2026 serapan 1.000 liter per detik dari Umbulan sudah terpenuhi, sehingga cakupan pelanggan makin luas," pungkas dia.

Semenara Al Kusani juga mengungkapkan inovasi pada manajemen Bank Pasar yang dipimpinnya. Saat ini, kata dia, Bank Gresik terus berinovasi untuk menambah nasabah. Salah satunya, melalui program terbaru, Tabungan Kotak Berkah.

Melalui program itu, BPR Bank Gresik berupaya untuk menggaet sebanyak-banyaknya nasabah dan membantu para usaha kecil dan masyarakat untuk menabung dan mengembangkan usaha. Sasaran nasabah di antaranya pedagang pasar, pedagang kaki lima (PKL), Aparatur Sipil Negara (ASN), serta komponen masyarakat lain.

Bagi nasabah yang ingin mengikuti program Tabungan Kotak Berkah, caranya cukup mudah. Tinggal membuka tabungan di PD BPR Bank Gresik. "Saldo awalnya cukup terjangkau, hanya Rp 20 ribu," terangnya.

Setelah nasabah membuka tabungan, pihak Bank Gresik selanjutnya akan menaruh kotak tabungan di tempat usaha nasabah atau tempat kerja nasabah. "Nantinya, bisa seminggu sekali kotak tabungan diambil pihak Bank Gresik dan uang dari kotak nasabah tinggal dimasukkan ke buku tabungan nasabah," katanya.

"Tahap awal di tahun 2021, Bank Gresik membuat 500 kotak tabungan program Tabungan Kotak Berkah," pungkasnya.

Sementara M. Habibulloh, Dirut Gresik Migas, menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin untuk perbaikan secara menyeluruh terhadap BUMD yang dipimpinnya. Mengingat, dirinya baru saja ditunjuk oleh Bupati Fandi Akhmad Yani sebagai dirut.

Habibullah mengaku baru pertama kalinya memimpin perusahaan daerah di bidang Migas. Ia mengatakan sudah menyusun rencana bisnis (renbis) yang akan dijadikan sebagai blueprint dalam bekerja.

"Untuk yang pertama mungkin saya akan melakukan optimalisasi bisnis. Salah satunya dengan mengejar tambahan alokasi gas yang akan dikelola Gresik Migas. Setelah itu baru kita gencar berjualan gas ke kawasan industri. Termasuk, di dalamnya ada proyek pembangunan jaringan gas baru," pungkasnya. (hud/ns)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...