Kamis, 29 Juli 2021 16:33

Tiga Kali Pindah Tugas, Polwan Cantik Ini Tak Lelah Sosialisasikan Prokes

Kamis, 27 Mei 2021 12:39 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Akina Nur Alana
Tiga Kali Pindah Tugas, Polwan Cantik Ini Tak Lelah Sosialisasikan Prokes
Bripka Annisa Saraswati, Polwan Polres Blitar Kota yang gencar sosialisasi prokes.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 hingga kini masih belum berakhir. Tak terkecuali di Kota Blitar. Setiap harinya masih ada tambahan kasus baru di kota berjuluk Kota Proklamator tersebut.

Di balik upaya menekan penularan kasus Covid-19, ada jerih payah seorang polisi wanita (Polwan) Polres Blitar Kota yang tanpa henti mensosialisasikan protokol kesehatan. Polwan cantik tersebut bernama Bripka Annisa Saraswati. Ibu muda yang kini bertugas di Unit Dikyasa Satlantas Polres Blitar Kota ini tanpa kenal lelah blusukan ke pasar tradisional, tempat nongkrong, dan lokasi lain yang sering terjadi kerumunan.

Aksi sosialisasi yang dilakukan Annisa bukan hanya dilakukan sekali dua kali demi formalitas. Namun ia gencar memberi edukasi kepada masyarakat sejak Covid-19 melanda tahun 2020 lalu. Bahkan meski Annisa sudah tiga kali pindah tugas.

Saat awal pandemi Covid-19 Annisa masih bertugas di Polsek Kepanjen Kidul Kota Blitar. Saat itu Annisa sudah gencar sosialisasi ke pasar-pasar tradisional. Tak jarang dia harus naik motor roda tiga, andong hingga becak, menyesuaikan sasaran sosialisasi.

BACA JUGA : 

Optimalkan PPKM Level 4, Polres Blitar Kota Pertimbangkan Pemberlakuan Sistem Ganjil-Genap

Manfaatkan Bus Sekolah, Pemkot Blitar Launching Vaksinasi Door to Door

Kota Blitar Masuk PPKM Level 4, Santoso: Namun Ada Kelonggaran

Serbuan 1 Ton Bantuan Beras Polres Blitar Kota, Sasar Ojol hingga Abang Becak

Masih di Kota Blitar, dia kemudian ditugaskan ke Polsek Sananwetan dan kini bertugas di Satlantas Polres Blitar Kota.

"Sosialisasi prokes memang sudah tugas kami. Jadi di manapun bertugas saya seperti punya kewajiban untuk terus mengajak masyarakat bersama-sama menekan penularan Covid-19 di Kota Blitar," terang Annisa.

Kegiatan ini dilakukan Annisa setiap hari usai melaksanakan apel pagi. Kadang di malam hari dia juga harus rela kembali meninggalkan ketiga buah hatinya untuk memantau apakah masih ada warga yang berkerumun ataupun berkegiatan tanpa mematuhi prokes.

Tak jarang ia dibuat heran oleh masyarakat yang nekat berkerumun tanpa jarak di sebuah tempat meski bahaya penularan Covid-19 mengancam. Seperti yang terjadi saat petugas gabungan melakukan patroli di bulan Ramadan lalu di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Blitar.

Meski kecewa, dia dengan sigap langsung masuk ke sebuah toko dan memberi imbauan agar tidak berkerumun. Namun masih dengan cara persuasif yang halus.

"Masya Allah, tolong antre. Keluar dulu, masuknya gantian," ucap Annisa melihat kerumunan pembeli di sebuah toko baju di Kota Blitar.

Ia berharap masyarakat tetap patuh prokes untuk menekan penularan Covid-19 sehingga pandemi segera berakhir. Dan masyarakat bisa beraktivitas secara normal. (ina/rev)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...