Siapkan Anggaran Rp 22 Miliar Lebih, Pemkab Pasuruan Bakal Rehab Ratusan Kantor Desa

Siapkan Anggaran Rp 22 Miliar Lebih, Pemkab Pasuruan Bakal Rehab Ratusan Kantor Desa Ilustrasi Kantor Desa Raci, Kecamatan Bangil, Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Pemkab Pasuruan akan melakukan perbaikan ratusan kantor desa di wilayah Kabupaten Pasuruan yang sudah berusia tua melalui anggaran bantuan keuangan APBD II.

Besaran anggaran bantuan sendiri tidak sama, tergantung dari tingkat kerusakan bangunan yang sudah diajukan. Nilai terendah yakni Rp 100 juta, dan terbesar Rp 250 juta.

Kepala DPMD Kabupaten Pasuruan Nurul Huda menjelaskan, Pemkab Pasuruan akan merehab 124 kantor desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Pasuruan melalui anggaran bantuan keuangan. Untuk penanganan dan perbaikan akan dilakukan secara swakelola oleh masing-masing desa.

Ia mengatakan, untuk pengerjaan fisik dilakukan secara bertahap, di mana untuk tahap I (sekitar akhir Juni) ada 73 desa, sedangkan 51 desa akan dilakukan pada tahap II.

Semua desa penerima bantuan tahap I sudah dipanggil. Mereka diberikan sosialisasi dan penjelasan terkait persyaratan yang dilengkapi seperti perbaikan proposal, mencantumkan RAB kegiatan, serta gambar teknis.

“Awal bulan, perbaikan proposal harus sudah diterima DPMD, termasuk juga pengajuan pencairan anggaran bantuan keuangan. Jangan sampai ada desa yang telat agar pengerjaan bisa dilakukan sesuai jadwal,“ jelasnya.

Untuk di Kecamatan Gempol yakni Desa Ngerong, Kecamatan Beji Desa Cangringmalang, dan Kecamatan Bengil Desa Raci. Total anggaran bantuan keuangan yang disiapkan Pemkab Pasuruan untuk rehab kantor desa yakni Rp 22,825 miliar. (bib/par/ian) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Dua Rumah Panitia Pilkades Dibondet Orang Tak Dikenal':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO