Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan Surabaya Lolos sebagai 6 Nominator Terbaik Jatim

Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan Surabaya Lolos sebagai 6 Nominator Terbaik Jatim Visitasi Penilaian Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan, Kota Surabaya berhasil lolos menjadi 6 nominator terbaik Lomba Perpustakaan Umum Terbaik Desa/Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2021. Perpustakaan ini menjadi salah satu perwakilan dari Kota Surabaya yang masuk ke tingkat Jatim.

Atas dasar itu, perpustakaan tersebut berhak mengikuti tahap penilaian visitasi di lapangan. Proses penilaian dilakukan oleh dewan juri dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Provinsi Jatim, Kamis (20/5/2021).

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji beserta Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi, turut hadir dalam proses penilaian tersebut. "Saat ini, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan mewakili Surabaya pada tingkat Provinsi Jatim. Mudah-mudahan dapat menjadi juara 1," kata Armuji.

Berkaca pada prestasi-prestasi sebelumnya yang pernah diraih beberapa perpustakaan di Surabaya, salah satu di antaranya yakni Perpustakaan Ngagel Rejo yang pernah meraih juara 1 tingkat nasional pada 2012, serta Perpustakaan Rakyat Pagesangan yang meraih juara 3 tingkat nasional pada 2019, maka kondisi eksisting lingkungan dan perpustakaan yang ada, ini lebih bagus dari yang sebelumnya. Sarana prasarana belajar cukup mewadahi, termasuk koleksi buku yang banyak.

Armuji optimistis, Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan dapat menjadi juara 1 di tingkat Jatim. Bahkan, dia berharap, ke depan perpustakaan ini dapat melaju ke tingkat nasional dan menjadi juara.

Sementara itu, Kepala Disperpusip Kota Surabaya Musdiq Ali Suhudi mengungkapkan bahwa Perpustakaan Herbal Nginden Jangkungan berhasil lolos menjadi 6 nominator terbaik tingkat Jatim. Nah, untuk menuju tahapan berikutnya, maka dewan juri melakukan penilaian secara langsung di lapangan. "Hari ini dewan juri melihat lokasi di lapangan. Apakah yang ada di proposal itu sesuai dengan di lapangan," kata Musdiq.

Dia menyebut, dalam tahap visitasi penilaian, ada beberapa poin yang menjadi penekanan dewan juri. Di antaranya, yakni bagaimana pengelolaan perpustakaan itu berjalan, dampak perpustakaan terhadap kesejahteraan masyarakat, serta tingkat partisipasi masyarakat di dalam pengelolaan perpustakaan. "Alhamdulillah, di Perpustakaan Herbal Nginden ini partisipasi masyarakat luar biasa. Tidak hanya masyarakat sekitar, juga ada partisipasi dari universitas," ungkapnya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO