Sabtu, 19 Juni 2021 20:01

Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma

Selasa, 11 Mei 2021 13:11 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Supardi
Songsong Digitalisasi UMKM, Wali Kota Pasuruan Luncurkan Aplikasi Si Duta dan Kurma
Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat meluncurkan apilkasi Si Duta dan Kurma di Gedung Kesenian Kota Pasuruan, Senin (10/5/2021).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud dukungan digitalisasi UKM dan IKM di era disruptive technology atau era Revolusi Industri 4.0, Pemkot Pasuruan melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (Dinkop UM) merintis aplikasi bernama Si Duta (Sistem Informasi Data UMKM Kota Pasuruan) dan Kurma (Kredit Usaha Rakyat Mandiri) yang merupakan rintisan dari Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan.

Aplikasi tersebut diluncurkan oleh Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) di Gedung Kesenian Kota Pasuruan, Senin (10/5/2021). Si Duta dan Kurma diharapkan mampu menaikkan kelas UMKM dan menciptakan pengelolaan database UMKM.

Dijelaskan Gus Ipul, aplikasi ini bertujuan untuk mendukung pengelolaan database UMKM sebagai wahana kontrol dan promosi, memberi kemudahan keberadaan UMKM binaan untuk mempromosikan produk, dan pemetaan produk UMKM unggulan Kota Pasuruan melalui media online, sehingga masyarakat dapat melihat produk dan barang baru produksi UMKM melalui katalog online kapan saja dan di mana saja.

Sebagai penggerak ekonomi dan penyerap tenaga kerja, Gus Ipul berharap 6.000 UMKM yang tersebar di Kota Pasuruan mampu bertahan dan terus mengembangkan metode pemasaran, khususnya di tengah era digital. Sehingga selain memanfaatkan media offline, UMKM juga bisa memanfaatkan secara maksimal media online untuk mengembangkan usaha dan meningkatkan omzet.

BACA JUGA : 

Tekan Penyebaran Covid-19, Wali Kota Pasuruan Imbau Seluruh Lurah Pantau Mobilitas Warga

Wujudkan Smart City dan Indonesia Digital Nation, Gus Ipul-Mas Adi Ikuti Pembekalan Kemenkominfo

Gelar Pembinaan, Disperindag Kota Pasuruan Ajak PKL Dukung Visi-Misi Kota Madinah

Pemkot Pasuruan Hentikan Pembangunan Tower, Gudang, dan Perumahan Tak Berizin

"Pilihannya tidak ada yang lain, kecuali memperkuat UMKM agar berjaya di dunia online. Saya dan Mas Adi berkomitmen untuk mendorong agar UMKM Kota Pasuruan agar sanggup berjaya di dunia online," ujar Gus Ipul.

Adapun untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Gus Ipul, perlu adanya kelengkapan dan update data UMKM di Kota Pasuruan yang tergabung dalam big data. Karena jika terdapat data yang lengkap, pemerintah mampu mengetahui metode dan cara apa harus membantu UMKM agar berjaya sesuai kebutuhannya masing-masing.

"Maka itu saya menyambut baik hadirnya Si Duta yang diluncurkan ini. Harapannya akan ada data UMKM dan adanya wahana promosi bagi UMKM," pungkas Gus Ipul.

Acara ini dihadiri oleh Wali Kota Pasuruan Gus Ipul, Wakil Wali Kota Pasuruan Adi Wibowo (Mas Adi), Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Hj. Fatma Saifullah Yusuf, Wakil Ketua TP PKK Kota Pasuruan Ani Adi Wibowo, Ketua Darma Wanita Persatuan Kota Pasuruan Christinari Ratih Anom, Kepala Bank Jatim Cabang Kota Pasuruan, para asisten, staf ahli, Kepala Dinas Koperasi dan UM Kota Pasuruan, kepala OPD terkait, dan tamu undangan lainnya. (par/zar)

Gelar Pertemuan, Anggota Poktan Sumber Rejeki Lengserkan Sumadi dari Jabatan Ketua
Sabtu, 19 Juni 2021 00:20 WIB
NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Ketua Gapoktan Sumber Rejeki, Sumadi, dilengserkan dari jabatannya oleh puluhan anggota, Kamis kemarin. Ini setelah puluhan anggota Gapoktan Sumber Rejeki mendatangi rumah Sumadi, yang juga menjabat kepala Dusun, untu...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Sabtu, 19 Juni 2021 07:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Abraham Lincoln menjadi tonggak sejarah bagi penghapusan perbudakan di Amerika Serikat (AS). Salah satu legacy Lincoln adalah UU anti diskriminasi.Kini terhapusnya perbudakan itu dijadikan hari kemerdekaan. Terut...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...