Selasa, 15 Juni 2021 19:53

Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan

Rabu, 28 April 2021 22:35 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Mustain
Beras Sidoarjo Kalah Bersaing, BHS Dorong Modernisasi Mesin Penggilingan
CEK STOK BERAS: Bambang Haryo Soekartono (BHS) berdialog dengan pedagang beras di Pasar Larangan, Sidoarjo, Rabu (28/4/2021). foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota Dewan Pembina DPP Gerakan Tani Rakyat (Getar), organisasi sayap Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono (BHS) mendorong adanya modernisasi mesin penggilingan padi di Kabupaten Sidoarjo.

Langkah itu sebagai upaya meningkatkan kualitas beras asal Sidoarjo yang saat ini dinilainya masih kalah bersaing dengan beras asal luar Sidoarjo.

"Lebih ditingkatkan untuk mesin giling (padi) di Sidoarjo. Pemkab harus mendorong adanya modernisasi mesin penggilingan, agar hasilnya lebih baik," cetus BHS saat memantau stok dan harga 11 komoditas pangan, termasuk beras, di Pasar Larangan, Sidoarjo, Rabu (28/4/2021).

BHS yang juga anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra ini, menyatakan, Jawa Timur merupakan penghasil beras terbesar di Indonesia. Ia pun berharap Kabupaten Sidoarjo bisa menghasilkan beras untuk memenuhi kebutuhan warga Kota Delta.

BACA JUGA : 

Heboh Anggaran Pembelian Senjata Rp 1,750 Triliun, Prabowo Disorot Habis, Pertarungan Mafia?

Dharma Lautan Utama Distribusikan Bantuan Logistik bagi Korban Gempa Bumi di Lumajang

Gelar Silaturahmi, Gus Irfan Kenalkan Gemira ke Alumni Tebuireng

Cegah Kecelakaan Maut, BHS Minta Semua Perlintasan KA di Sidoarjo Dilengkapi Sirine

Namun sayangnya, saat memantau stok beras yang dijual pedagang dan agen beras di Pasar Larangan, ternyata prosentase beras asal Sidoarjo hanya 5 persen dari beras dagangan di salah satu pasar tradisional di Sidoarjo itu.

"Saya lihat persentase beras dari Sidoarjo, tidak lebih dari lima persen dari semua beras yang dijual di pasaran. Kebanyakan beras dari wilayah-wilayah di luar Sidoarjo," tegas mantan anggota DPR RI 2014-2019 ini.

Kata BHS, sebenarnya beras asal Sidoarjo kondisinya cukup bagus. Hanya saja menjadi kalah bersaing akibat dari proses penggilingan dan kemasan yang masih belum bagus.

"Sehingga masyarakat tidak terlalu memilih beras dari Sidoarjo. Ini yang perlu dibenahi segera, terutama adalah industri penyelepan (penggilingan)," urai BHS.

Menurut BHS, pengolahan beras asal Sidoarjo belum maksimal. Ia menyontohkan warna beras Sidoarjo yang berbeda dengan beras asal Jombang dan Jember, di mana beras asal luar Sidoarjo itu menjadi beras favorit.

"Tentu dengan adanya penyelepan (penggilingan) yang lebih bagus, harganya juga menjadi lebih tinggi dan tentunya petani bisa mendapatkan keuntungan yang lebih," urai politikus Partai Gerindra ini.

Selain mendorong upaya modernisasi mesin penggilingan padi, BHS juga meminta Pemkab Sidoarjo menjalin kerja sama dengan Bulog di Sidoarjo, di mana saat ini Bulog baru memiliki mesin penggilingan kualitas bagus, bantuan dari Penyertaan Modal Negara (PMN).

Di kunjungan ke pasar dalam rangka peringatan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) ke-48 ini, BHS berharap beras asal Sidoarjo mampu menguasai pasar tradisional lokal.

Sebab beras merupakan produk yang memiliki multiplier effect ekonomi luar biasa. Di antaranya menumbuhkan UMKM-UMKM makanan yang bahan bakunya dari beras.

"Beras ini menjadi trigger munculnya UMKM-UMKM lainnya. Harga beras membawa dampak ikutan ekonomi lainnya," pungkas alumni ITS ini. (sta/ian)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Selasa, 15 Juni 2021 06:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com-RUU Pajak makin ramai dan kontroversial. Tapi suara fraksi-fraksi di DPR kali ini menolak. Alias tak mendukung rencana pemerintah.Apa benar ini karena Pilpres sudah dekat? Atau karena para pimpinan parpol belum dipanggil pr...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...