Pemkab Gresik Gelar Pasar Bandeng di 10 Titik, Berikut Lokasinya

Pemkab Gresik Gelar Pasar Bandeng di 10 Titik, Berikut Lokasinya Suasana Pasar Bandeng Gresik beberapa tahun lalu. (foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE)

GRESIK, BANGSAONLINE.com tetap akan menggelar pasar bandeng, kontes bandeng, dan lelang bandeng pada Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah tahun ini meski sedang dalam masa pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Pj. Sekda Gresik Abimanyu Poncoatmojo Iswinarno saat memimpin rapat koordinasi pelaksanaan pasar bandeng, kontes bandeng, dan lelang bandeng di ruang rapat Kantor Bupati Gresik,  Rabu (21/4/2021).

Menurut Abimanyu, kontes bandeng akan dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Gresik, Jumat 7 Mei 2021 malam secara virtual. Rencananya, kegiatan ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Kami berharap bandeng peserta kontes ini adalah asli produksi petani Gresik. Kami minta pihak panitia terutama dinas perikanan mengecek betul hal ini. Kami bangga meskipun bandengnya tak terlalu besar tapi hasil petani Gresik asli," ujar sekda menyampaikan harapan bupati.

Dikatakan dia, bandeng hasil kontes ini nantinya akan dilelang secara virtual kepada masyarakat serta para bupati dan wali kota se-Jawa Timur yang diundang secara daring. Sesuai yang diharapkan oleh Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani), agar tradisi pasar bandeng, lelang bandeng, dan kontes bandeng jangan sampai punah dari Kota Santri, meskipun pandemi.

"Jangan sampai juga pemulihan perekonomian masyarakat yang salah satunya memanfaatkan event tahunan ini juga runtuh akibat pandemi," paparnya.

Panitia, lanjut Abimanyu, telah menyiapkan 10 tempat pasar bandeng yang tersebar di 10 tempat di beberapa kecamatan di Gresik. "Masing-masing titik pasar bandeng akan melaksanakan kegiatan jual bandeng dan pernak-pernik kebutuhan Ramadan dan Idulfitri. Penyelenggaraan pasar bandeng ini akan berlangsung mulai tanggal 5 sampai 10 Mei 2021," terangnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Reza Pahlevi menyatakan, 10 titik pasar bandeng ini akan tersebar di beberapa kecamatan, yakni di Lapangan Sitarda Kecamatan Ujungpangkah, Alun-Alun Kecamatan Sidayu, Lapangan Gembos Kecamatan Bungah, Lapangan Desa Suci Kecamatan Manyar, dan areal Pasar Baru Kecamatan Gresik.

"Lalu di Lapangan Manunggal Kecamatan Kedamean, Lapangan Klampok Kecamatan Benjeng, halaman Kantor Kecamatan Cerme, Lapangan Kecamatan Menganti, dan Lapangan Kecamatan Duduksampeyan," tukasnya. (hud/zar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO