Fraksi Gerindra Kirim 1.000 Sak Semen dan Pasir 20 Truk ke Korban Gempa Malang

Fraksi Gerindra Kirim 1.000 Sak Semen dan Pasir 20 Truk ke Korban Gempa Malang Aufa Zhafiri, Anggota Fraksi Gerindra DPRD Jatim menyerahkan bantuan bahan bangunan kepada warga yang rumahnya rusak karena terdampak gempa Malang. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim menyalurkan bantuan bahan material untuk proses rehabilitasi bangunan bagi masyarakat terdampak gempa di Kabupaten Malang.

Bantuan tersebut diperuntukkan bagi tempat ibadah dan rumah warga yang rusak akibat goncangan berkekuatan M 6,1 di perairan selatan Kabupaten Malang.

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim, Aufa Zhafiri mengatakan, bantuan ini dipusatkan di Malang Selatan, mulai Dampit, Sumbermanjing Wetan, Ampel Gading, dan wilayah lain di Kabupaten Malang daerah selatan.

"Hari ini kami Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim berkontribusi melakukan kegiatan peduli gempa dengan memberikan bantuan berupa 1.000 sak semen dan 20 truk pasir," kata Aufa yang digadang-gadang bakal maju di Pilwali Malang 2024 ini, Kamis (15/4/2021).

Lanjut Aufa, Gerindra pilih menyalurkan bantuan semen dan pasir karena bahan makanan dan obat-obatan sudah cukup banyak. "Kehidupan di desa pun tidak mungkin kekurangan makan karena tingkat gotong royong di desa sangat tinggi. Jadi, kebutuhan hari ini yang mendesak adalah kebutuhan material dan bahan bangunan untuk memperbaiki bangunan seperti tempat ibadah maupun rumah warga yang rusak akibat gempa," jelasnya.

Aufa yang juga Anggota Komisi B DPRD Jatim ini meminta kepada pemprov dan pemkab bersinergi dalam penanganan gempa di Kabupaten Malang.

"Kami meminta kepada gubernur untuk segera mempercepat program normalisasi. Segera membenahi rumah-rumah warga yang rusak dengan berkoordinasi dengan pemkab," ujar politikus Gerindra yang akrab disapa Feri itu.

"Di samping itu, BUMD ataupun perusahaan swasta mengeluarkan CSR-nya untuk membantu meringankan korban bencana gempa Malang," pungkasnya.

Perlu diketahui, Gempa tektonik yang mengguncang wilayah Malang dan sekitarnya dengan kekuatan 6,01 SR, beberapa waktu lalu masih menyisakan persoalan bagi warga yang terdampak. Tidak hanya keperluan kebutuhan sehari-hari, keperluan material untuk kembali membangun rumah warga juga dibutuhkan warga.

Data BPBD Jatim bangunan rumah warga yang terdampak di Malang cukup banyak. 10 kecamatan di wilayah Malang menjadi daerah yang cukup terdampak dengan banyaknya bagunan yang akami kerusakan. Yakni di Kecamatan Poncokusumo, Jabung, Wajak, Turen, Dampit, Bantur, Kalipare, Pagelaran, Donomulyo, dan Sumber Manjing Wetan. (mdr/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO