Rabu, 12 Mei 2021 02:38

Aplikasi Halo Mas Bup Mulai Dirasakan Oleh Masyarakat Kabupaten Kediri

Kamis, 15 April 2021 13:10 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
Aplikasi Halo Mas Bup Mulai Dirasakan Oleh Masyarakat Kabupaten Kediri
Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa saat me-launching Aplikasi Halo Mas Bup, 25 Maret 2021 lalu. Inset, bukti balasan dari Halo Mas Bup. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Aplikasi Halo Mas Bup yang di-launching oleh Bupati Kediri Hanindito Himawan Pramana pada 25 Maret 2021 lalu, mendapat respons baik dari masyarakat Kabupaten Kediri. Tidak lebih dari dua hari, laporan yang masuk sudah langsung ditindaklanjuti.

"Aplikasi Hebat!!! Dalam 1 x 24 jam laporan saya perihal reklame yang dipaku di pohon langsung direspon dan ditindaklanjuti oleh Satpol PP Kab. Kediri," ujar Mas Ari Purnomo Adi dalam cuitannya di akun Facebook pribadinya, Rabu (14/4) kemarin.

Warga Desa Tawang, Kecamatan Wates, ini melaporkan perihal banyaknya reklame yang dipaku di pohon di pinggir jalan antara perbatasan Desa Tawang, Kecamatan Wates, sampai Desa Kunjang, Kecamatan Ngancar.

"Bila anda pengin laporan Anda tentang layanan publik di Kab. Kediri segera ditanggapi seperti ini, buruan download dan install applikasi Halo Mas Bup," tambah Mas Ari yang juga aktivis lingkungan itu.

BACA JUGA : 

Jalan "Jeglongan Sewu" di Kediri Mulai Diperbaiki

Bahas Kerja Sama Sektor Wisata, Bupati Kediri dan Bupati Trenggalek Bakal Siapkan Diskon

Gelar Musrenbang, Pemkab Kediri Susun Strategi Bersaing Level Nasional

Mas Bup Dhito Jadi Inspektur Upacara Apel Pergeseran Pasukan Operasi Ketupat 2021

Hal yang sama juga dirasakan oleh Atik, warga Desa Badas, Kecamatan Badas. Salah seorang Perangkat Desa Badas ini melaporkan jalan penghubung antara Kecamatan Badas dengan Kecamatan Kunjang, Kabupaten Kediri, yang mengalami kerusakan sepanjang 300 meter. Kondisinya berlubang di tengah maupun di pinggir. Sehingga, bila turun hujan terjadi genangan.

Atik melaporkan jalan rusak itu ke Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Aplikasi Halo Mas Bup pada 8 April 2021, pukul 13:23 WIB. Kemudian, pada pukul 13.53 WIB, ia langsung mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan jika laporan tentang jalan rusak tersebut telah diteruskan ke dinas terkait, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) setempat.

Alangkah terkejutnya Atik, ternyata pada tanggal 10 April 2021, petugas dari DPUPR langsung memperbaiki. Bahkan, dalam waktu satu hari, jalan tersebut sudah selesai diperbaiki. Kini jalan tersebut, kini sudah normal dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

Menurut Atik, ia sengaja melaporkan keberadaan jalan rusak tersebut ke Aplikasi Halo Mas Bup dengan harapan bisa segera ditindaklanjuti dan diperbaiki.

Diberitakan sebelumnya, bahwa Aplikasi Halo Mas Bup yang digagas Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana memang diperuntukkan bagi masyarakat Kabupaten Kediri agar lebih cepat dalam mengadukan permasalahan yang terjadi di lapangan.

Aplikasi Halo Mas Bup diluncurkan bertepatan pada peringatan Hari Jadi ke-1217 Kabupaten Kediri. Mas Bup Dhito -sapaan Bupati Kediri- mengatakan bahwa aplikasi ini terintegrasi dengan SKPD terkait. Misalnya, saat berkendara ada sebuah lubang kemudian difoto dan dilaporkan melalui aplikasi ini, maka akan disampaikan ke satker yang menangani.

“Nantinya juga akan kami integrasikan pula dengan e-kinerja, bagaimana teman-teman SKPD dan seluruh pihak di Pemerintah Kabupaten Kediri merespons aduan dari masyarakat. Sebenarnya fungsinya adalah kepada pelayanan publik. Selain di HP, aplikasi ini juga bisa diakses melalui www.halomasbup.kedirikab.go.id,” kata Mas Bup, saat peluncuran aplikasi Halo Mas Bup. (uji/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...