PSC 119 Kota Pasuruan Siap Melayani Panggilan Gawat Darurat Gratis Selama 24 Jam

PSC 119 Kota Pasuruan Siap Melayani Panggilan Gawat Darurat Gratis Selama 24 Jam Gus Ipul usai penandatanganan komitmen bersama terkait Public Service Center (PSC) 119 Kota Pasuruan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com Saifullah Yusuf () bersama Shierly Marlena selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Pasuruan dan Kasatlantas Polres Pasuruan Kota menandatangani komitmen bersama terkait Public Service Center (PSC) 119 Kota Pasuruan, di Valencia Resto, Rabu (7/4/21) kemarin.

Hal itu berdasarkan amanat Inpres RI No. 4 Tahun 2013 tentang Program Dekade Aksi Penyelamatan Jalan, Permenkes RI No. 19 Tahun 2016 tentang Sistem Penanganan Kegawatdaruratan Terpadu, dan SK Wali Kota No. 188/273/423011 Tahun 2020 tentang Public Service Center (PSC) 119 pada Dinas Kesehatan Kota Pasuruan.

merupakan suatu mekanisme pelayanan korban atau pasien gawat darurat yang terintegrasi dan berbasis call center dengan menggunakan kode akses telekomunikasi 119. diharapkan mampu meminimalisir angka kematian dan kecacatan pada masyarakat akibat keterlambatan mendapatkan pertolongan saat sakit, kecelakaan, atau karena bencana. Karena merupakan layanan gratis yang dapat dihubungi oleh masyarakat Kota Pasuruan selama 24 jam penuh.

Hadirnya disambut baik oleh , selain karena sejalan dengan visi misi yakni menghadirkan layanan publik yang cepat, murah, mudah diakses, serta mudah dijangkau. Dengan adanya nantinya masyarakat tidak akan kesulitan saat memerlukan bantuan terkait kegawatdaruratan.

Maka dari itu menyampaikan terima kasih atas hadirnya Kota Pasuruan. Ia berharap PSC mampu lebih profesional dan lebih cepat dalam melayani masyarakat.

“Sekarang memang zamannya pelayanan cepat, maka saya senang sekali dr. Shierly menghadirkan sebagai usaha untuk melayani warga Kota Pasuruan lebih cepat khususnya dalam menangani kegawatdaruratan. Menurut saya, ini istimewa dan ini yang saya tunggu dengan Mas Adi,” ujarnya.

Sebelum diresmikan beroperasi, berharap pihak rumah sakit lebih siap menerima pasien yang dilayani ketika dibawa ke IGD (Instalasi Gawat Darurat) sehingga menjadi saling bersinergi. Ia juga ingin ada ikon ambulans sebagai simbol kesiapan layanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Pasuruan. 

Turut hadir dalam momen tersebut, Wakil , Adi Wibowo, Pj. Sekretaris Daerah Kota Pasuruan, Ketua DPRD Kota Pasuruan, camat dan lurah se-Kota Pasuruan, serta perangkat daerah terkait. (ard/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO