Mau Urus Empat Layanan Adminduk Kini Cukup di Kantor Kelurahan Saja

Mau Urus Empat Layanan Adminduk Kini Cukup di Kantor Kelurahan Saja Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya, Agus Imam Sonhaji. foto: ist.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota (Pemkot) terus berupaya memberikan kemudahan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) kepada warga.

Terbaru, pemkot menempatkan petugas khusus di 154 kelurahan. Petugas tersebut disiagakan untuk menjangkau warga agar lebih dekat mendapatkan layanan adminduk.

Wali Kota , menyatakan bakal terus mengoptimalkan kemudahan pelayanan kepada warga. Salah satunya adalah pelayanan administrasi cukup di kantor kelurahan. Dia ingin, agar kelurahan menjadi ujung tombak pelayanan Pemkot .

"Saya ingin kelurahan jadi ujung tombak pelayanan Pemkot . Pelayanan cukup di kelurahan, tidak perlu ke Siola,” kata Mas Eri, sapaan lekat Wali Kota , Kamis (1/4).

Bahkan, untuk memaksimalkan layanan itu, beberapa waktu laluEri secara khusus telah memberikan pengarahan kepada Camat dan Lurah se-Kota . Saat pengarahan itu, ia berpesan kepada lurah agar tidak hanya duduk di belakang meja. Sebab, lurah merupakan garda terdepan yang harus tahu betul apa yang terjadi di masing-masing wilayahnya.

"Jadi, (lurah) harus dekat dengan warga. Kalau warga lagi kesusahan terus kita datang membantu, warga pasti hatinya adem. Nah, itu yang harus kita terapkan ke depannya,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota , Agus Imam Sonhaji mengatakan, sesuai dengan arahan dan amanat Wali Kota , pelayanan adminduk itu kalau bisa tidak lagi datang ke Siola. Wali kota ingin supaya layanan itu bisa lebih mendekat lagi ke tempat tinggal warga.

"Sehingga waktu itu kita tempatkan petugas khusus (Dispendukcapil) di 31 kecamatan. Dan beliau (wali kota) menginginkan itu lebih jauh lagi ke kelurahan," kata Agus.

Oleh karena itu, pihaknya kemudian menyiapkan lagi personel untuk membantu pelayanan adminduk di 154 kelurahan . Sehingga, mulai 1 April 2021, personel dari Dispendukcapil ini bertugas membantu warga mengurus adminduk di kelurahan. "154 petugas khusus pelayanan adminduk itu sudah kita tempatkan di kelurahan. Untuk bisa memberikan layanan penuh tuntas di situ untuk beberapa layanan," katanya.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO