Kamis, 24 Juni 2021 18:35

Sosialisasi Pembebasan Tol Sukomoro-Kediri Dimulai, Bupati Nganjuk Wanti-wanti Makelar Tanah

Kamis, 25 Maret 2021 21:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Bambang Dwi Julianto
Sosialisasi Pembebasan Tol Sukomoro-Kediri Dimulai, Bupati Nganjuk Wanti-wanti Makelar Tanah
Bupati Nganjuk H. Novi Rahman Hidayat membuka sosialisasi pembebasan lahan. foto: BAMBANG/ BANGSAONLINE

NGANJUK, BANGSAONLINE.com - Percepatan pembangunan Tol Sukomoro-Kediri (Sukked) mulai dilakukan dan kini masuk babak sosialisasi kebutuhan tanah (pembebasan lahan). Bertempat di Pendopo Kabupaten Nganjuk, sosialisasi yang dihadiri Sekda, PPKom Pengadaan Tanah Tol, Forkopimda, Camat, dan Kepala Desa, itu dibuka oleh Bupati H Novi Rahman Hidayat, Kamis (25/3).

Bupati mengatakan, di Kabupaten Nganjuk ada 5 program pembangunan yang harus tuntas dalam tahun 2023, salah satunya adalah jalan Tol Sukomoro-Kediri atau Tol Sukked. Dalam arahannya, ia menyampaikan sejumlah hal yang perlu menjadi perhatian dalam pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Sukked.

Pertama, di tingkat kecamatan dan desa, kedua, mewaspadai tengkulak atau makelar tanah. "Dua pesan inilah yang perlu dipahami bagi mereka yang nantinya ada di lapangan," kata Novi dikutip BANGSAONLINE.com, Kamis (25/03).

Ia meminta camat dan kades benar-benar paham, atas progres yang akan dilaksanakan dalam pembebasan lahan. Karena diperkirakan tanah yang dibutuhkan seluas 220,40 hektare, dengan panjang 20,75 km.

BACA JUGA : 

Launching Kampung Tangguh Bersih Narkoba Polres Nganjuk Direspons Positif DPRD

Menuju Nganjuk Sehat, Plt Bupati Marhaen Hadiri Panen Perdana Padi Sehat Sistem Demplot

Ini Jawaban Plt. Bupati Marhaen Soal Hak Interpelasi DPRD Nganjuk

Rakor Bahas Pembangunan Waduk Semantok, Kejari Nganjuk Siap Bantu Kawal Pembebasan Lahan

"Jangan sampai ada transaksi dari luar setelah sosialisasi ini sudah dimulai. Jadi saya tekankan setelah sosialisasi ini sudah dimulai, tidak ada lagi jual beli tanah dan harus sudah distop. Kalau masih ada jual beli tanah di lokasi tersebut, maka saya sendiri akan memberikan sanksi jika menemuinya," tandasnya.

Dijelaskan, pembangunan Tol Sukked direncanakan dimulai akhir tahun 2021 sehingga saat itu juga pembebasan lahan harus sudah selesai. Estimasi lahan yang harus dibebaskan ada 2.032 bidang, yakni di tiga titik pintu masuk yaitu Sukomoro, Watu Dandang, dan Banyakan Kediri.

Adapun Tol Sukked akan melintasi 3 kacamatan yaitu, kecamatan Sukomoro, Tanjunganom, dan Kecamatan Prambon. "Untuk pintu masuk Sukomoro ada di Ngelundo, dan pembebasan lahan sudah 100 persen," ucapnya.

"Dimungkinkan untuk pembangunan bisa dimulai bulan Juni tahun ini, jadi tidak menunggu pembebasan semua. Jadi ada lahan yang sudah dibebaskan sekitar 30 persen harus langsung dibangun. Jadi tidak sampai menunggu lama, karena 2023, jalan harus sudah selesai pengerjaan jalan Tol Sukked," pungkas Mas Novi, sapaan akrab Bupati Nganjuk. (bam/rev)

Pasuruan Zona Merah, Vaksinasi Digencarkan
Selasa, 22 Juni 2021 23:42 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Polres Pasuruan Menggelar Vaksinasi Massal Selasa Siang Tadi(22/06/2021). Vaksinasi Ini Dilakukan Di Alam Terbuka, Tepatnya Di Wilayah Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga Terlihat Antusias Mengantre Untuk Mengikuti Vaksi...
Sabtu, 19 Juni 2021 18:17 WIB
JEMBER, BANGSAONLINE.com - Dalam kondisi pandemi, Pemerintah Kabupaten Jember tetap berupaya menggeliatkan sektor pariwisata meski dengan menerapkan prosedur pencegahan Covid-19 yang ketat.Salah satunya, dengan menggelar Jelajah Wisata and Funcamp 20...
Kamis, 24 Juni 2021 07:56 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sejak Covid-19 melonjak lagi secara drastis, penanganan Covid-19 tampak kewalahan. Vaksinasi belum maksimal. Alternatif lain belum mendapat izin. Bahkan konvalesen kini jadi barang langka.Benarkah? Silakan simak tuli...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 19 Juni 2021 15:30 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...