Jumat, 23 April 2021 09:21

Ketua Dekranasda Surabaya Optimalkan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM

Rabu, 03 Maret 2021 21:12 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
Ketua Dekranasda Surabaya Optimalkan Digital Marketing bagi Pelaku UMKM
Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-41 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) secara virtual diikuti oleh seluruh pengurus Dekranas yang dipimpin oleh Ketua Umum Wury Ma'ruf Amin.

Dari Rumah Dinas Wali Kota Jalan Sedap Malam Surabaya, istri dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Iswahyurini Armudji, istri Wakil Wali Kota Surabaya Armuji itu terlihat antusias mengikuti pertemuan daring tersebut. Awalnya, acara dibuka dengan pemutaran video ucapan selamat dari berbagai pihak atas bertambahnya angka usia Dekranas ke-41.

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin berterima kasih kepada seluruh pengurus atas kerja keras dan usaha sehingga dapat mencapai usia ke-41. Selain itu, dalam sambutannya, dia menyebut perayaan Dekranas tahun 2021 ini mengusung tema Perajin Sehat, Perajin Hebat Indonesia Maju. Mengingat kondisi saat ini perajin UMKM tengah berjuang di masa pandemi Covid-19.

“Tema ini diharapkan dapat selalu menjadi wadah dalam melakukan pembinaan dan penerapan protokol kesehatan (prokes) terhadap pelaku usaha. Tujuannya agar sama-sama kita memulihkan ekonomi dan segera bangkit dari pandemi,” kata Wury yang juga istri Wapres Ma'ruf Amin ini.

BACA JUGA : 

​PBB Surabaya Minta Pemkot Cabut Larangan UMKM Berjualan di Minimarket

Operasi Pasar Pemkot Surabaya, Harga Lebih Terjangkau, Bergilir di 31 Kecamatan

​Menyiasati Masa Pandemi, Lahan Mati Disulap Bisa Hasilkan Pundi-pundi Rupiah

​Seleksi Dewan Pengawas PDAM Terus Berlanjut, 22 Peserta Lolos Administrasi

Dia berharap, di usia Dekranas saat ini, seluruh pengurus dapat semakin produktif dan besar perannya dalam pengabdian kepada masyarakat, khususnya para perajin di seluruh tanah air. Apalagi, usia 41 tahun merupakan perjalanan panjang yang dilalui Dekranas dalam mengangkat kerajinan nasional.

“Telah banyak upaya Dekranas untuk mewujudkan fungsinya sebagai lembaga yang mendukung kemandirian ekonomi sejak berdiri 3 Maret 1980 lalu,” tegasnya.

Sementara itu, Rini Indriyani Eri Cahyadi menjelaskan, selaras dengan itu, yang menjadi fokus PKK saat ini ada dua poin, yakni kesehatan dan ekonomi. Selain itu, dia akan all out membantu para pelaku UMKM dalam mem-branding hingga memasarkan produknya.

“Kita bantu untuk digital marketing untuk mempromosikan. Artinya kita terus bangkitkan UMKM. Seperti yang menjadi fokus Bapak Wali Kota,” kata Rini.

Dia menegaskan, pada masa pandemi seperti sekarang ini para pelaku UMKM harus lebih gencar dalam melaksanakan promosi digital. Terutama para pelaku UMKM rumahan yang belum memaksimalkan peran media sosial. Oleh sebab itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pengurus sebelumnya untuk segera menjalankan program-program yang telah dirancang.

“Misalnya suatu produk kelihatan menarik kalau kita foto dan video dan lainnya. Produknya apa pun. Digital marketing perlu ditekankan,” papar dia.

Rini mengaku saat ini sedang menyusun kepengurusan baru yang nantinya akan bekerja bersama membangkitkan ekonomi masyarakat. Bahkan, di momen itu, dia juga memastikan tengah merancang program untuk menyiapkan pelatihan pengembangan produk yang dimiliki tiap-tiap kecamatan.

“Seperti misalnya wilayah Kenjeran, nanti kita kembangkan produknya itu dengan kreasi yang semakin beragam. Lalu mencari potensi apa yang ada,” ungkapnya.

Setelah perayaan HUT, acara dilanjut dengan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Dekranas selama dua hari mulai hari ini hingga Kamis (4/3/2021) besok. (ian/zar)

BJ Habibie juga Kalah dengan Orang Madura
Jumat, 23 April 2021 00:41 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ternyata tidak hanya Gus Dur yang kalah dengan orang Madura (Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (6). BJ Habibie juga kalah dengan Orang Madura. Dalam Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan edisi ke-11, M Mas’ud Adnan – sang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Jumat, 23 April 2021 06:48 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...