Jumat, 23 April 2021 00:30

​Plh. Wali Kota Surabaya Ajak PMI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19

Rabu, 24 Februari 2021 21:01 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Yudi Arianto
​Plh. Wali Kota Surabaya Ajak PMI Sosialisasikan Vaksinasi Covid-19
Plh. Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan menghadiri Konsolidasi dan Sosialisasi Kepalangmerahan PMI, Rabu (24/2/2021). (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Surabaya Hendro Gunawan menghadiri Konsolidasi dan Sosialisasi Kepalangmerahan PMI, Rabu (24/2/2021). Konsolidasi yang berlangsung di Kantor PMI Jalan Embong Ploso itu, dihadiri oleh pengurus PMI Surabaya masa bakti tahun 2021-2026.

Pada kesempatan itu, Plh. Wali Kota Hendro berterima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga PMI dapat berjalan dengan baik. Selain itu, dia juga mengucapkan selamat atas penetapan pengurus mulai dari dewan penghormatan hingga tingkat kecamatan di Kota Pahlawan.

“Selamat, sekali lagi. Semoga ini menjadi amalan untuk kita semua,” kata Hendro Gunawan mengawali sambutannya.

Dia mengungkapkan, jika menengok ke belakang hingga detik ini pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Oleh sebab itu, pihaknya mengajak seluruh jajaran PMI untuk tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) dan menjadi duta kesehatan bagi keluarga maupun masyarakat secara luas.

BACA JUGA : 

Quest Hotel Darmo Surabaya Pastikan Semua Karyawan Sudah Divaksin

​PBB Surabaya Minta Pemkot Cabut Larangan UMKM Berjualan di Minimarket

Operasi Pasar Pemkot Surabaya, Harga Lebih Terjangkau, Bergilir di 31 Kecamatan

​Seleksi Dewan Pengawas PDAM Terus Berlanjut, 22 Peserta Lolos Administrasi

“Karena kita tidak tahu sampai kapan selesainya Covid-19, sehingga kami imbau bapak ibu bisa menjaga prokes ini dengan baik,” pesan Hendro.

Tidak hanya itu, dia juga memaparkan, dalam beberapa waktu ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya menggelar vaksinasi secara massal di fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), baik puskesmas maupun rumah sakit. Makanya, di kesempatan yang sama dia meminta bantuan kepada PMI untuk bersama-sama ikut menyosialisasikan pentingnya vaksin kepada masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat menerima informasi secara luas terutama manfaat vaksinasi itu sendiri,” tegasnya.

Bahkan, selain sosialisasi vaksin, kata Hendro, donor plasma konvalesen juga menjadi fokus pemerintah dalam upaya menangani wabah dunia tersebut. Apabila terdapat penyintas Covid-19 yang belum donor plasma, maka tim PMI juga dapat membantu dengan mendata dan melaporkan kepada dinkes.

“Mohon kami dibantu memberikan informasi dengan segera. Agar dapat dilakukan sosialisasi kepada warga yang bersangkutan. Karena banyak warga yang membutuhkan," pintanya.

Di momen itu, Hendro juga mengapresiasi kerja keras kegiatan markas PMI selama ini. Mulai dari kegiatan utama yaitu penyelamatan bencana, upaya penanganan kecelakaan, hingga berbagai kegiatan sosial lainnya untuk masyarakat Kota Pahlawan.

“Saya atas nama pribadi dan Pemkot Surabaya benar-benar mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerja keras dalam upaya membantu masyarakat," ujarnya.

Sebagai informasi, adapun susunan pengurus PMI Surabaya masa bakti tahun 2021-2026, di antaranya yakni Pelindung diisi oleh Wali Kota Surabaya, Dewan Kehormatan Ketua ditempati Febria Rachmanita. Kemudian, untuk anggota ditempati oleh Supomo, R. Moh. Suharto Wardoyo, Aryati, Puspota Dewi Prijadi, In Iswari, dan Totok Sudarto.

Berikutnya, untuk Ketua Hendro Gunawan, Wakil Ketua Tri Siswanto, Ketua Bidang Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan, Informasi dan Komunikasi, Pengembangan Sumber Daya Eko Haryanto, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Pelayanan Kesehatan dan Sosial, Anggota, Relawan Pembinaan Muchlas Udin.

Selanjutnya, untuk Ketua Bidang Pelayanan Darah diisi oleh Budi Arifah, Ketua Bidang Kerja Sama dan Kemitraan Tjatur Utari, Sekretaris ditempati oleh Agus Sjafii, Bendahara Hariyono Tjondronegoro. Anggota diisi oleh Moh Munif, Edy Subagyo, Samsul Arifin, Yunus Subandi Siauw, Triwahjoedi. (ian/zar)

​Cendekiawan Muslim tak Tahu Jumlah Juz Al-Quran
Rabu, 21 April 2021 22:01 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episode 10 ini bercerita tentang seorang menteri yang juga pengurus organisasi cendekiawan muslim. M Mas’ud Adnan - narator anekdot Gus Dur - bercerita bahwa pada akhir kekuasaan ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Kamis, 22 April 2021 09:45 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Banyak negara mulai mengumumkan pertumbuhan ekonominya setelah didera pandemik Covid-19. Yang paling tinggi Tiongkok. Tapi pertumbuhan ekonomi India juga mengejutkan. Hanya saja Covid-19 di India gila-gilaan. Seti...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...