Wabup Kediri Terpilih Tanam Pohon di Lereng Gunung Wilis

Wabup Kediri Terpilih Tanam Pohon di Lereng Gunung Wilis Wakil Bupati Kediri Terpilih Dewi Mariya Ulfa saat ikut menanam pohon di acara Kenduri Ageng Wilis. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wakil Terpilih, , Sabtu (13/2), ikut menanam pohon di kawasan lereng di acara Kenduri Ageng Wilis yang digelar (Pelestari Kawasan Wilis) Kabupaten Kediri.

Kegiatan Bakti Alam melalui aksi konservasi yang dilakukan di Desa Pagung, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri juga dilakukan penanaman sebanyak 500 pohon yang diikuti oleh 50 peserta dari Pelestari Kawasan Wilis serta di gelar bursa produk Organik hasil pertanian warga desa Pagung.

Tofan Ardi, Ketua Umum Pelestari Kawasan Wilis () Tunggal Rogo Mandiri (Tulungagung, Nganjuk, Trenggalek, Ponorogo, Madiun, dan Kediri), menjelaskan bahwa acara ini digelar dengan mengusung tema "Kagem Wilis" yang merupakan Akronim dari "Untuk Wilis" yang bermakna dedikasi dan kontribusi dari masyarakat untuk memperlakukan Wilis

Menurut Tofan Ardi, "Kagem Willis" juga merupakan singkatan dari Kenduri Ageng Masyarakat Wilis, ini dilakukan sebagai bukti dan kontribusi warga untuk semakin peduli, menjaga, dan melindungi hutan. Kenduri, lanjut Tofan, dalam tradisi masyarakat Jawa juga berarti Slametan, yang secara simbolis di gambarkan dalam wujud tumpeng (berbentuk kerucut) menyerupai gunung

Masih menurut Tofan, spirit ini mengusung paham ecosentris (sebuah kesadaran bahwa sebagai manusia, hendaknya tidak mengedepankan egosentris) melainkan menumbuhkan kesadaran bahwa manusia harus peduli terhadap alam.

"Masyarakat di lereng Wilis hendaknya sadar bahwa , bukanlah obyek yang harus dieksploitasi melainkan menempatkan Wilis sebagai subyek yang harus di jaga dan di lestarikan,"ujar Tofan. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO