Percantik 4 Kantor Kecamatan, Dinas Perkim Pasuruan Siapkan Miliaran Rupiah

Percantik 4 Kantor Kecamatan, Dinas Perkim Pasuruan Siapkan Miliaran Rupiah Ilustrasi kantor kecamatan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kantor kecamatan di Kabupatan Pasuruan yang dinilai kurang representatif karena bangunannya sudah berusia uzur akan direnovasi pada tahun 2021. Anggaran yang disiapkan dinas perkim untuk mempercantik itu mencapai miliaran rupiah.

Menurut ketangan Kepala Dinas Perkim Ir. Hari Aprianto pada BANGSAONLINE.com, ada 4 gedung kecamatan yang akan dibangun tahun ini, yakni Kecamartan Grati Rp 1,5 miliar, Kecamatan Tutur Rp 2,6 miliar, Kecamatan Lumbang Rp 3,5 miliar, dan Kecamatan Kraton (lanjutan) Rp 2 miliar, serta Rumah Dinas Kecamatan Beji Rp 500 juta.

"Rata-rata gedung kecamatan yang dibangun baru nanti kondisinya sudah tidak layak untuk kegiatan pelayanan kepada masyarakat. Selain bangunan sudah berusia tua, banyak pegawai yang ruangnya masih campur sehingga pelayanan tidak efektif," jelasnya.

Untuk kegiatan pelaksanaan pembangunan ditargetkan mulai pada bulan Maret nanti. Sedangkan saat ini masih dalam proses persiapan dokumen lelang. Pihak dinas juga akan memberikan syarat tambahan untuk para penyedia konstruksi yang menjadi pemenang lelang untuk menyiapkan dana segar di rekening perusahaan. Hal ini guna menghindari pekerjaan fisik gagal di tengah jalan lantaran perusahaan tidak memiliki modal.

"Untuk besaran dana cadangan minimal 10% dari nilai HPS. Hal tersebut sebagai upaya antisipasi agar pekerjaan fisik bisa berjalan sesuai dengan jadwal dan tidak mengalami keterlambatan. Tambahan syarat untuk rekanan yang melakukan penawaran di ini akan dibahas dengan pihak Inspektorat," terangnya. (bib/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO