Senin, 19 April 2021 17:01

UMKM Mitra Binaan SIG Ramli Collection, Sukses Kembangkan Usaha di Masa Pandemi Covid

Jumat, 05 Februari 2021 15:24 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Syuhud Alman Faluty
UMKM Mitra Binaan SIG Ramli Collection, Sukses Kembangkan Usaha di Masa Pandemi Covid
Pekerja UMKM Ramli Collection sedang melakukan proses produksi baju koko. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada hampir seluruh sektor usaha, termasuk bisnis dari pelaku UMKM. Kondisi ini mengharuskan UMKM untuk melakukan inovasi agar bisa bertahan bahkan berkembang.

Salah satunya, UMKM mitra binaan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Ramli Collection yang memproduksi baju koko dan peci yang berada di Jalan Sindujoyo Gresik, dengan melakukan inovasi, usahanya bisa bertahan.

Muhammad Jefri, pemilik Ramli Collection mengatakan, pandemi Covid-19 yang terjadi sangat memukul usahanya. Permintaan baju koko dan peci menurun. Namun, hal ini tidak menjadi penghalang untuk terus meningkatkan usaha.

"Kami semakin terpacu untuk melakukan inovasi dengan menghadirkan produk baru, yaitu peci dengan lampu LED untuk anak-anak," ujar dia.

BACA JUGA : 

SIG Berikan Pelatihan Menjahit dan Beternak Warga Gresik dan Rembang

Petrokimia Gresik Bantu 1.000 Paket Sembako Korban Gempa Bumi Malang

RUPS 2021, SIG Bagikan Dividen 40 Persen

SIG Bekali 28 UMKM Cara Berjualan Menggunakan Platform Digital

Dikatakan, hadirnya produk baru ini disambut baik oleh pasar karena produk ini baru pertama di Indonesia. "Selain peci dengan lampu LED, baju koko yang kami produksi juga menyesuaikan model kekinian yang digemari oleh milenial. Promosi pun kami gencarkan, bagi konsumen yang ingin berbelanja di masa pandemi ini kami permudah dengan cara bertransaksi online. Konsumen cukup mendownload aplikasi store kami melalui handphone atau melalui platform e-commerce kami yang lain," sambung Jefri.

Jefri mengharapkan adanya dukungan pemerintah dan instansi lain agar para pelaku UMKM tetap bisa bertahan seperti usahanya. Ramli Collection menjadi mitra binaan SIG sejak tahun 2018. Selama menjadi mitra, Ramli Collection sudah diajak mengikuti pameran sebanyak tiga kali. Hal ini dirasa sangat membantu sekali dalam pemasaran produk.

"Kini usaha kami sudah dikenal oleh masyarakat luas," kata dia.

BACA JUGA: Tembus Pasar Mancanegara, Bros Beauty Fortuna Craft Raih Omzet Rp 1 – 2 Juta per Hari

Ramli Collection merupakan usaha keluarga yang dirintis sejak tahun 1975. Ramli Collection memproduksi baju koko dan peci. Bermula dari industri rumahan, kini berkembang dan memiliki workshop untuk produksi. Ramli Collection juga memiliki beberapa toko di Jakarta, Surabaya, Malang, Madura, Sidoarjo, Jember dan beberapa kota di Sumatera.

Sementara General Manager of CSR SIG, Edy Saraya mengatakan, UMKM merupakan usaha berbasis ekonomi masyarakat yang memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian nasional.

"SIG terus berupaya untuk mendorong UMKM mitra binaan, untuk bertahan bahkan berkembang di masa pandemi Covid-19 saat ini. Salah satunya dengan melakukan inovasi produk serta memberikan kemudahan bertransaksi bagi konsumennya," pungkas dia. (hud/ns)

Teh Panas Rp 5.000, Teh Dingin Rp 10.000, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (7)
Minggu, 18 April 2021 22:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com –Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan kali ini M Mas’ud Adnan – sang narator - mereview tentang orang Madura yang tiba-tiba haus. Ia pun pergi ke warung di pinggir jalan. Ia membeli teh. Di warung itu semua barang yang ...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...