Jumat, 26 Februari 2021 16:35

Kapal Penarik Tongkang Muat Minyak Kelapa Sawit Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang

Minggu, 24 Januari 2021 19:36 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Kapal Penarik Tongkang Muat Minyak Kelapa Sawit Tabrakan di Perairan Gresik, 5 ABK Hilang
Para ABK yang berhasil diselamatkan usai dievakuasi. foto: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kapal TK Makmur Abadi-5 dan TB Mitra Jaya XIX yang menarik Tongkang (TK) Makmur Abadi-5, terlibat tabrakan di perairan Karang Jamuang, Gresik, sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS), Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB.

Akibatnya, kapal tenggelam dan untuk sementara 5 Anak Buah Kapal (ABK) dilaporkan hilang. Sementara 5 ABK lainnya berhasil diselamatkan.

Kelima ABK selamat, 2 dari ABK Tongkang (TK) Makmur Abadi-5, yakni Agung Dwi P (20), dan Basuni (53). Sementara 3 ABK dari kapal TB Mitra Jaya XIX adalah Nahkoda Syarul (43), Masinis II Larusman (26), dan Masinis III La Ode Ahmad (20).

Adapun kelima ABK korban di TB Mitra Jaya XIX yang belum diketemukan adalah Fakhtur (48), Himawan (27), Arif Maulana (47), Ulil Amri (57), dan Budiantoro (50).

Gabungan petugas dari Polair Polda Jatim, Basarnas, dan KPLP Gresik masih melakukan pencarian lima anak buah kapal (ABK) TB Mitra Jaya XIX yang tenggelam di perairan Karang Jamuang, Gresik, sekitar alur pelayaran barat Surabaya (APBS).

Hingga Minggu (24/1/2021), petugas memfokuskan pencarian 5 ABK nahas itu di bangkai kapal. Diduga kelima ABK masih berada di dalam kapal saat kejadian.

Tabrakan kapal berawal saat kapal TB Mitra Jaya XIX yang dinahkodai Syahrul (43), asal Semarang menarik tongkang (TK) Makmur Abadi-5 berangkat dari Pelabuhan Sungai Puting, Kalimantan Selatan, Senin (11/1/2021) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Kapal tongkang itu mengangkut minyak kelapa sawit tujuan Gresik.

Kemudian, pada Sabtu (23/1/2021) sekitar pukul 03.00 WIB, TB Mitra Jaya XIX memasuki APBS tepatnya sekitar Anjungan PHE WMO di perairan Gresik. Saat bersamaan, Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar melintasi APBS yang dikenal alur tersibuk. Saat itu, KM Tanto Bersinar berangkat dari Surabaya. 

Saat itu, bagian tali TB Mitra Jaya XIX untuk menarik TK Makmur Abadi-5 diduga tertarik KM Tanto Bersinar. Akibatnya, TB Mitra Jaya XIX menjadi miring, kemudian terguling dan tenggelam.

Sedangkan, Tongkang (TK) Makmur Abadi-5 yang memuat ratusan ton minyak kelapa sawit yang ditarik TB Mitra Jaya XIX selamat.

Kasat Polair Polres Gresik AKP Masyhur Ade mengatakan, saat ini petugas gabungan tengah melakukan pencarian. "Pencarian difokuskan di titik kapal yang tenggelam. Tim gabungan Basarnas akan ,mengevakuasi kapal tenggelam karena diduga 5 korban ABK hilang ada di dalam kapal tenggelam," katanya, Minggu (24/1/2021).

Menurut dia, lima korban selamat dalam tabrakan kapal telah dievakuasi tim gabungan ke kantor KSOP Gresik. Kedua korban dari ABK TK Makmur Abadi-5, Agung Dwi P (20), dan Basuni (53).

Sementara tiga korban selamat TK TB Mitra Jaya XIX adalah Nahkoda: Syarul (43), Masinis II: Larusman (26) dan Masinis III: La Ode Ahmad (20). "Korban masih trauma. Sekarang masih di agen kapal, mungkin besok baru dilimpahkan ke Ditpolair Tanjung Perak oleh KSOP," jelasnya.

Laode Ahmad Syifa (22), salah satu ABK yang selamat dan berhasil dievakuasi mengaku langsung loncat saat kapal miring. "Setelah tabrakan kapal miring, saya langsung lompat ke laut, ditolong kapal nelayan yang lewat," katanya. (hud/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Kamis, 25 Februari 2021 07:52 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dahlan Iskan, wartawan kondang ini memang punya wawasan luas tentang ekonomi. Maklum, ia punya background sebagai pengusaha sukses. Bahkan mantan menteri BUMN. Maka ketika menulis tentang revaluasi aset negara sangat...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 20 Februari 2021 09:40 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Won...