Rintis Desa Wisata, Kabid Destinasi Gandeng Pokdarwis Desa Pandean

Rintis Desa Wisata, Kabid Destinasi Gandeng Pokdarwis Desa Pandean Tony Widianto, Kabid Destinasi (kaos biru dan pakai topi) bersama Pokdawis Desa Pandean Kecamatan Dongko. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam upaya merealisasi visi misi Bupati Trenggalek di bidang pariwisata, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Trenggalek mengajak warga Desa Pandean Kecamatan Dongko untuk menciptakan desa wisata.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Disparbud Trenggalek Tony Widianto Tony menyampaikan, bahwa hari ini pihaknya tengah melakukan survey tentang potensi pengembangan desa wisata di Desa Pandean.

"Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap visi misi pak bupati di masa kepemimpinan beliau saat ini, untuk mengembangkan seratus desa wisata di Kabupaten Trenggalek," ungkapnya, Minggu (24/1).

Untuk mewujudkan hal tersebut, dirinya telah menggandeng Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) setempat yakni Arum Pulosari. Selama ini Pokdarwis Arum Pulosari telah menginisiasi beberapa atraksi wisata di desa tersebut.

"Di sini cukup menarik, karena ada data tarik wisata alam, wisata buatan, dan daya tarik wisata budaya," terangnya.

Tony menyampaikan bahwa kawasan wisata di Desa Pandean ini masih merupakan kawasan wisata rintisan. Namun, berbagai persiapan telah dilakukan oleh pokdarwis setempat, antara lain menyediakan tempat untuk koordinasi, homestay, serta menyiapkan produk lokal.

Menurut Tony, konsep yang tepat untuk pengembangan desa wisata di masa pandemi Covid-19 saat ini adalah dalam bentuk paket wisata. Dengan metode paket wisata tersebut, pihak pengelola desa wisata akan mampu mengontrol jumlah kunjungan wisata.

Selain itu, dengan metode tersebut para pengelola desa wisata akan mampu mengidentifikasi asal-usul dari wisatawan serta mampu mengendalikan semua aktivitasnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO