Senin, 01 Maret 2021 08:52

​SIG Pabrik Tuban Support Penuh Pengembangan Produk Unggulan Masyarakat

Jumat, 22 Januari 2021 19:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Gunawan Wihandono
​SIG Pabrik Tuban Support Penuh Pengembangan Produk Unggulan Masyarakat
Salah satu warga desa dengan budidaya ikannya.

TUBAN, BANGSAONLINE.com – Empat desa di Kecamatan Jenu berhasil mengembangkan potensi warganya dengan produk-produk unggulan yang di-support penuh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban.

Keempat desa tersebut meliputi Desa Temaji, Desa Socorejo, Desa Karangasem, dan Desa Glondonggede yang mampu memanfaatkan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) PT SIG di bidang pemberdayaan masyarakat.

Sedikitnya, terdapat 52 program pemberdayaan yang diberikan di wilayah Kecamatan Jenu. Dengan rincian, 11 program diperuntukkan pemerintah kecamatan, 6 program di Desa Temaji, 15 program untuk Desa Socorejo, 7 program bagi Desa Karangasem, dan 13 program di Desa Glondonggede.

“Penerima manfaat program ini adalah Organisasi Masyarakat Setempat (OMS) di wilayah-wilayah itu,” kata Senior Manager of Public Relation & CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Setiawan Prasetyo, Jumat (22/1/2021).

Dalam implementasi di lapangan, beberapa OMS telah menunjukan peningkatan income yang signifikan dari usahanya dan hingga saat ini berjalan dengan baik, ada pula yang baru menunjukan hasilnya. Sedangkan, program lainnya masih dalam tahap perkembangan, mulai usaha budidaya hingga pengembangan obyek pariwisata.

“Program yang dijalankan ini bertujuan mendorong tumbuhnya industri-industri kecil yang dapat membuka kesempatan kerja warga sekitar, mulai peternakan, perdagangan hingga jasa. Harapannya dapat menyerap tenaga kerja dan menambah pendapatan, terutama di masa pandemi yang belum juga berakhir ini,” imbuhnya.

Program pemberdayaan masyarakat yang telah di-support oleh perusahaan saat ini telah berhasil dikembangkan oleh masyarakat. Total keseluruhan terdapat 151 OMS yang berada di 26 desa dan di 3 kecamatan di wilayah sekitar perusahaan yang menerima manfaat dari program pemberdayaan dari perusahaan di tahun 2020. Dari total OMS peneima program tersebut yang berada di wilayah Kecamatan Jenu ada 52 OMS.

“Mudah-mudahan dengan support dari Semen Indonesia ini, warga semakin bersungguh-sungguh dan lebih yakin dalam menjalankan wirausahanya untuk dapat berhasil serta semakin berkembang, sehingga mampu bergerak secara mandiri, terlebih bila dapat memotivasi sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu, Camat Jenu, Maftuhien Reza menyampaikan, peran serta Semen Indonesia sebagai pendorong ekonomi masyarakat sudah cukup dirasakan manfaatnya bagi masyarakat. Apalagi program pemberdayaan yang dijalankan dilengkapi dengan pendampingan menyeluruh tidak sekedar memberikan bantuan berupa dana stimulan.

“Pertama saya ucapkan terimakasih, atas program secara berkelanjutan oleh Semen Indonesia, bisa dilihat, beberapa kegiatan yang dilakukan sesuai yang diharapkan,“ kata Reza.

Dia berharap, program yang diterima masyarakat mampu memberikan manfaat dan dapat dinikmati oleh kelompok yang dibentuk. “Selain bermanfaat untuk kelompoknya, kita berharap juga dapat bermanfaat untuk lingkungannya. Dan yang terpenting usaha ini dapat terus berlanjut," pungkasnya. (gun/ian)

Dua Warga Kepulungan yang Terseret Banjir Bandang Ditemukan Tewas
Kamis, 04 Februari 2021 17:21 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Dua warga Desa Kepulungan Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, yang dilaporkan hilang akibat terseret derasnya arus banjir Rabu (3/2) kemarin, akhirnya ditemukan dalam kondisi tewas, Kamis (4/2) pagi. Korban adalah ...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Senin, 01 Maret 2021 08:13 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.COM – Ternyata banyak sekali putra Indonesia yang punya potensi unggul. Di berbagai bidang. Termasuk penemuan tes Covid-19. Namanya I-NoseDalam tulisan edisi Senin,1 Maret 2021, ini Dahlan Iskan mengangkat tentang I-Nose,...
Senin, 22 Februari 2021 22:39 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*58. Warabbuka alghafuuru dzuu alrrahmati law yu-aakhidzuhum bimaa kasabuu la’ajjala lahumu al’adzaaba bal lahum maw’idun lan yajiduu min duunihi maw-ilaanDan Tuhanmu Maha Pengampun, memiliki kasih sayang. ...
Sabtu, 27 Februari 2021 11:53 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...