Selasa, 20 April 2021 04:57

Pengakuan Pilot Gadungan Asal NTT, Tipu Pacarnya Untuk Kebutuhan Hidup di Banyuwangi

Kamis, 21 Januari 2021 14:42 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Teguh Prayitno
Pengakuan Pilot Gadungan Asal NTT, Tipu Pacarnya Untuk Kebutuhan Hidup di Banyuwangi
Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin menunjukkan barang bukti baju pilot saat rilis pers, Kamis (21/1).

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Thofan Nofiandi alias Thofan Purnama (24), seorang pilot gadungan asal Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur ditangkap polisi usai menipu kekasihnya sendiri, JNK (21).

Penipuan itu terbongkar setelah wanita asal Kecamatan Genteng, Banyuwangi, itu curiga karena mendapatkan tiket pesawat dan tes kesehatan palsu dari kekasihnya yang mengaku seorang pilot dari sebuah perusahaan maskapai penerbangan.

Apesnya, tiket dan tes kesehatan palsu itu didapat dari uang yang dipinjamkanya ke pria yang dicintainya tersebut. Pelaku beralasan membeli tiket tersebut untuk membawanya terbang ke Jakarta menemui orang tuanya, yang katanya berprofesi sebagai polisi.

Terkejutnya lagi, setelah dikonfirmasi ke Bandara Blimbingsari, ternyata kekasihnya tersebut bukanlah seorang pilot.

BACA JUGA : 

Sukses Bekuk Oknum Saat Pesta Narkoba, Tim Tipidsus Polresta Banyuwangi Dapat Penghargaan

Investasi Bodong di Banyuwangi, Polisi Periksa Terlapor Wanita Cantik

Usai Buron Empat Bulan, Ayah yang Tega Setubuhi Putrinya Hingga Hamil Akhirnya Ditangkap

Korban Investasi Bodong di Banyuwangi Terus Bertambah

“Tersangka pilot gadungan ini kita tangkap karena telah menipu seorang wanita yang dipacarinya. Kerugian korban sebesar Rp. 4.120.000,-,” kata Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin saat rilis pers di halaman Mapolresta Banyuwangi, Kamis (21/1/2021).

Dari pengakuan tersangka, kata Arman, ia sengaja mengaku seorang pilot untuk menipu seorang wanita yang dikenalnya lewat aplikasi MiChat untuk menjadikannya kekasih, lalu menguras uangnya.

“Uang hasil penipuannya itu ia gunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari,” ungkapnya.

Untuk menjalankan aksinya, pelaku telah mempersiapkan segala sesuatunya, yakni satu setel seragam pilot, papan nama, dan ID card pilot dari sebuah maskapai penerbangan.

“Pelaku mendapatkan seragam pilot dengan membelinya di Surabaya seharga Rp. 120 ribu,” jelasnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi mengamankan barang bukti berupa baju kemeja putih, celana panjang hitam, pangkat pilot, sabuk warna putih, hingga ID card dan papan namanya.

“Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan,” pungkasnya. (guh/rev)

Polisi dan Tukang Becak, Madura Kok Dilawan
Senin, 19 April 2021 21:38 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan episoode ke-8 ini mereview tukang becak asal Madura yang dihadang polisi karena dianggap melanggar rambu-rambu lalu lintas. Di jalan raya itu memang tertancap rambu lalu lintas berupa ga...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Senin, 19 April 2021 05:29 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Dua guru besar ini punya integritas dan reputasi tinggi di bidangnya masing-masing. Nah, Dahlan Iskan kali ini tak banyak menulis. Tapi menurunkan pandangan dua profesor yang dua-duanya kontra dan kritis terhadap Vaksin...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...