Kamis, 21 Januari 2021 08:49

​Dukung Pencalonan Komjen Listyo Calon Kapolri, Ketua PWNU Jatim: Umat Islam Harus Beri Teladan

Kamis, 14 Januari 2021 16:49 WIB
Editor: Tim
Wartawan: Anatasia Novarina
​Dukung Pencalonan Komjen Listyo Calon Kapolri, Ketua PWNU Jatim: Umat Islam Harus Beri Teladan
KH. Dr. Marzuki Mustamar.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH. Dr. Marzuqi Mustamar mendukung keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengajukan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri).

Kiai Marzuqi Mustamar juga mengaku sudah mendengar bahwa Kapolri Idam Aziz akan pensiun pada bulan Januari 2021.

"Jadi harus ada penggantian. Itu harus dilakukan untuk kelanjutan pemerintahan dan untuk kesinambungan negara ini. Tidak boleh diganggu, dihentikan," kata Kiai Marzuqi Mustamar, Kamis (14/1/2021).

Seperti diberitakan, Presiden Jokowi sudah menyerahkan surat presiden (surpres) calon Kapolri kepada DPR. Surat itu mencantumkan nama Komjen Listyo Sigit sebagai calon Kapolri. Surat tersebut sudah diterima oleh Ketua DPR, Puan Maharani.

Kiai Marzuqi Mustamar mengaku sebagai warga senang dan bangga terhadap Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain. “Pilihan gubernur aja ramai, pilihan kongres aja ribut, di Indonesia mulai dari pilihan presiden, wakil presiden, pengangkatan menteri, mengangkat kapolri, alhamdulillah tenang, ini harus disyukuri,” kata Kiai Marzuki.

Ia mengatakan, sebagai warga negara dirinya sepenuhnya mempercayakan pemilihan Kapolri kepada Presiden. "Karena itu adalah hak preogratif presiden. Siapa pun yang dipilih, siapa pun yang diangkat sepenuhnya harus dihormati dan percaya kepada presiden," tambahnya.

Menurut dia, semuanya harus dilakukan secara prosedural, ikut mekanisme yang ada, proporsional, dan profesional. “Artinya benar benar sportif clear clean. Kalau semua prosesnya seperti itu saya yakin semua warga Indonesia harus menerimanya demi kemajuan Indonesia,” jelasnya.

Soal Listyo Sigit Prabowo non muslim, ia menegaskan bahwa negara Indonesia heterogen. “Perkara orang itu dari suku mana, dari latar belakang apa, bahasa apa, agama apa, negara ini dari dulu kita heterogen, dari sejak sebelum merdeka sudah macem-macem agamanya. Yang membuat Indonesia macem-macem bukan saya, bukan sampeyan, tapi Gusti Allah,” katanya.

Kiai Marzuqi Mustamar mengajak umat Islam memberi teladan dan contoh. “Suatu saat kalau di Amerika di Australia, ada panglima tentara, petinggi polisi yang muslim tentu kita senang. Kita juga tidak mau ketika di negara luar yang minoritas kemudian ada kader muslim dihambat ketika akan dipilih menjadi petinggi,” katanya.

Ia berharap, ketika presiden sudah mengangkat Kapolri dengan rumus tersebut, maka diharapkan pejabat yang sudah dipilih agar bertindak dan membuat kebijakan kepada Kapolda dan Polres -Polres juga dilakukan secara prosedural, sesuai mekanisme yang ada, profesisonal dan proporsional.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Listyo Sigit Prabowo jika memang jadi dipilih presiden dan disetujui DPR kemudian menjadi ketetapan Pemerintah.

“Selamat kepada beliau, semoga dalam mengemban amanah dengan baik, negara semakin aman, polisi semakin jaya,” katanya. (ana)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...