Rabu, 21 April 2021 14:12

Diduga Lakukan Pembohongan Publik, Cabup Ipong Dilaporkan ke Bawaslu

Kamis, 26 November 2020 18:29 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Novian Catur
Diduga Lakukan Pembohongan Publik, Cabup Ipong Dilaporkan ke Bawaslu
Ketua DPC Ponorogo Bambang Yuwono bersama Tim Pemenangan saat melaporkan dugaan pembohongan publik di Bawaslu.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Pernyataan salah satu paslon di Pilbup Ponorogo terkait tidak adanya Adipura pasca debat kedua pada 19 November lalu, berbuntut panjang. Hal itu lantaran, Cabup Ipong Muchlissoni diduga sudah melakukan pembohongan publik.

Dengan membawa sejumlah bukti rekaman video dan pemberitaan Adipura dari sejumlah media online, Ketua DPC PDIP Ponorogo Bambang Yuwongo bersama Sekretaris Tim Pemenangan Paslon 01 melaporkan hal tersebut ke Bawaslu, Kamis (26/11/20).

Dalam keterangannya, Bambang Yuwono mengatakan kehadirannya di bawaslu guna melaporkan salah satu paslon, yakni Ipong Muchlissoni terkait pernyataanya dalam debat ke II yang menyebut bahwa Adipura itu tidak ada.

"Dalam pernyataan Cabup Ipong Muchlissoni menyebut dengan gamblang dan jelas bahwa penghargaan Adipura mulai tahun 2017 itu sudah tidak ada. Hal ini sudah termasuk pembohongan publik," kata Bambang Yuwono kepada awak media.

BACA JUGA : 

Dianggap Langgar Kode Etik, Advokat Didik Haryanto Cs Gugat Bawaslu Ponorogo ke DKPP RI

Buntut Pelaporan Bupati Ipong Soal Dugaan Pelanggaran PPKM Mikro, Ketua LSM 45 Dipanggil Polisi

Sekda Ponorogo Akui Peresmian Pasar Legi Tak Kantongi Izin dari Satgas Covid-19

Polres Ponorogo Terima Laporan Dugaaan Pelanggaran Prokes Ipong Muchlissoni

Bambang Yuwono menyayangkan ucapan Ipong Muchlissoni, karena sebagai seorang calon pemimpin seharusnya memberikan berita atau fakta kepada masyarakat. Tapi pada kenyataanya justru memberikan pernyataan yang salah.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris Tim Pemenangan 01, Engky Bastian. Ia juga menyayangkan pernyataan Ipong Muchlissoni dalam debat ke II yang menyebut bahwa Adipura sudah tidak ada sejak tahun 2017. Padahal, kabupaten tetangga, yakni Pacitan pada tahun 2019 masih meraih Adipura.

"Maka dari itu, kita laporkan hal tersebut ke bawaslu karena sudah jelas melakukan dugaan pembohongan publik. Pada kenyataanya hingga sampai sekarang, website Kementerian LH masih ada untuk Adipura. Apalagi pernyataan tersebut seolah ditutupi oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup," jelasnya.

"Kita berharap agar laporan tersebut diterima dengan baik dan mudah-mudahan bawaslu tidak masuk angin lagi, karena beberapa kali laporan terhenti di bawaslu," imbuhnya.

Sementara itu, Kordiv Penanganan Pelanggaran Bawaslu Ponorogo Marji Nurcahyo membenarkan bahwa hari ini menerima laporan dari masyarakat. 

"Sudah diterima oleh staf dan nanti dalam 2 hari mendatang akan dilakukan kajian awal untuk pemenuhan syarat formil materiilnya dan dugaan pelanggarannya. Apabila syarat formil dan materil sudah terpenuhi, maka bisa untuk ditindaklanjuti untuk diregister dan rapat Gakumdul yang melibatkan kepolisian, kejaksaan, dan bawaslu," tukasnya. (nov/ian)

​Adu Hebat Tiga Presiden, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (9)
Selasa, 20 April 2021 23:55 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Gus Dur mengajak jalan-jalan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Presiden Prancis Jacques Shirac. Mereka pun naik pesawat terbang. Sambil ngobrol santai, mereka saling mengunggulkan negaranya masing-ma...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Rabu, 21 April 2021 06:05 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Mengerikan. Mobil mewah Tesla terbakar. Yang menjadi misteri, tak ditemukan mayat di kursi kemudi. Mayat hanya ditemukan di kursi samping dan jok belakang.Apa sistem autopilot yang jadi kebanggaan Tesla tidak berfung...
Selasa, 20 April 2021 00:09 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*60. Wa-idz qaala muusaa lifataahu laa abrahu hattaa ablugha majma’a albahrayni aw amdhiya huqubaanDan (ingatlah) ketika Musa berkata kepada pembantunya, “Aku tidak akan berhenti (berjalan) sebelum sampai ke ...
Minggu, 18 April 2021 12:17 WIB
Memasuki Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA)...