Senin, 25 Januari 2021 05:42

"Menumbuhkan" Oksigen dan Obat di Pekarangan, Ini Contoh Keberhasilan PKK Kota Kediri

Kamis, 19 November 2020 14:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Muji Harjita
"Menumbuhkan" Oksigen dan Obat di Pekarangan, Ini Contoh Keberhasilan PKK Kota Kediri
Taman yang berisi aneka macam tanaman obat-obatan milik RW 1, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. (foto: ist.)

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sebuah taman yang berisi aneka macam tanaman obat-obatan milik RW 1, Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, berdiri di lahan sekitar 200-an meter persegi.

Taman obat yang rapi dan apik ini dikelola oleh PKK, RW, dan pecinta tanaman warga setempat. Segudang prestasi sudah diraihnya. Kini sebuah perusahaan besar jamu sedang meliriknya untuk sebuah perlombaan tingkat nasional.

“Awalnya sekitar 2 tahun lalu. Ada tanah wakaf yang tidak terawat, penuh batu-batu. Saya dan warga berinisiatif menanaminya untuk meningkatkan jumlah oksigen gratis,” kata Achmad Koharudin, Lurah Mojoroto, Kamis (18/11).

Kemudian, lanjut Koharudin, secara swadaya, warga bergotong royong untuk membuat taman Toga (tanaman obat keluarga) di lahan wakaf tersebut. Ada warga yang menyumbang tenaga, ada yang menyumbang tanaman, dan lain-lain sehingga jadilah sebuah taman.

Mudakir, Ketua RW 1, menjelaskan usaha warga ini mulai terlihat setelah 2 tahun. Lebih dari 120 jenis tanaman obat kini mulai tumbuh. Warga yang membutuhkan tinggal mengambil untuk keperluan sehari-hari. Tak hanya itu, PKK juga mulai membuat bahan olahan yang dijual intern warga untuk menambah kas. Salah satu produk yang sudah dikemas bagus yaitu sirup bunga telang.

"Kalau lagi produksi, maka juga ditawarkan lewat grup RW. Warga biasanya membeli dari sana. Yang belum diproduksi banyak, ini masih mencoba-coba," ujar Mudakir.

Sementara itu, Didik Trisyuwono, warga RW 3 mengatakan bahwa dirinya memang hobi bertanam. Karena itu, dirinya ikut bantu-bantu merawat tanaman obat di taman obat milik RW 1 tersebut. Setiap hari, Didik dengan sukarela menyiram dan merawat tanaman. Ia juga membuat aneka pembibitan tanaman hias dan buah.

Sebetulnya, di setiap gang dan sudut rumah warga juga terdapat taman. Warga berinisiatif untuk menanam aneka tanaman dengan semangat “menanam” oksigen. Semangat itu ternyata membuahkan beberapa penghargaan. Antara lain Kampung Proklim 2020 Tingkat Utama Nasional, Kampung Bersemi Tingkat Provinsi tahun 2018, dan Juara 1 Hatinya PKK Tingkat Kota tahun 2019. (uji/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...